Hujan Deras dan Angin Kencang di Sleman, Tembok SD dan Pohon Roboh

BMKG prediksi cuaca ekstrem

Sleman, iDN Times - Hujan deras dan angin kencang melanda sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Akibatnya, sejumlah bangunan dan pohon tumbang.
Hujan deras dan angin kencang itu terjadi pada Sabtu (24/2/2024) sekitar pukul 13.00 WIB.

1. Pohon tumbang dan baliho roboh

Hujan Deras dan Angin Kencang di Sleman, Tembok SD dan Pohon RobohBaliho ambruk di Sleman akibat hujan deras (Instagram/merapi_uncover)

Kerusakan akibat hujan deras dan angin kencang itu tercatat terjadi di Ngaglik Sleman. Tembok Sekolah Dasar Negeri Gentan, Ngaglik roboh. Sisa-sisa material tembok kemudian menutup jalan.

Tak hanya itu, cuaca buruk juga mengakibatkan baliho roboh di Jalan Magelang. Adapun pohon tumbang terjadi di Condong Catur dan Mrican yang menimpa beberapa lapak pedagang kaki lima. 

 

2. Listrik sempat padam

Hujan Deras dan Angin Kencang di Sleman, Tembok SD dan Pohon RobohTembok pekarangan SDN Ngaglik di Sleman ambrol akibat hujan deras (Instagram/merapi_uncover)

Selain pohon tumbang, listrik di sejumlah wilayah sempat padam selama empat jam. Salah satunya terjadi diKecamatan Depok, Sleman, listrik padam sesaat terjadi hujan deras. "Listrik baru menyala kembali sekitar pukul 16.00 WIB," kata Sri Haryani warga Depok, Sleman.

Baca Juga: PSS Sleman Ogah Lepas Hokky Caraka ke Timnas Indonesia U-23

3. BMKG prediksi cuaca buruk dalam tiga hari

Hujan Deras dan Angin Kencang di Sleman, Tembok SD dan Pohon RobohPrakiraan Pola Angin Perairan Indonesia 12 Februari 2024. (https://www.bmkg.go.id/)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika BMKG Yogyakarta memperkirakan cuaca di wilayah DIY periode 24-26 Februari 2024 berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta Warjono menjelaskan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang terjadi di Kota Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo bagian Utara, Bantul bagian Utara dan Gunungkidul pada Sabtu (24/2/2024).

"Perkiraan cuaca pada Hari Minggu (25/2/2024), potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang juga terjadi di Kota Yogyakarta, Sleman, Kulonprogo bagian Barat-Utara, Bantul bagian Utara dan Gunungkidul. Kondisi yang sama akan terjadi pada Senin (26/2/2024)," terang Warjono. 

Baca Juga: Stabilkan Harga Beras, Pemkab Sleman Mulai Program Semar Mesem

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya