Harga Beras Naik, Pemkab Gunungkidul Gelar Operasi Pasar Beras Murah  

Harga beras di Gunungkidul dijual hingga Rp12 ribu per kilo

Gunungkidul, IDN Times - Dinas Perdagangan Kabupaten Gunungkidul melakukan operasi pasar beras murah untuk menjaga daya beli masyarakat.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Gunungkidul Asih Wulandari mengatakan operasi pasar dilaksanakan di Kantor Kalurahan Putat, Kantor Kapanewon/Kecamatan Paliyan, dan Kantor Kalurahan Kepek.

1. Operasi pasar beras murah dilakukan di 3 tempat

Harga Beras Naik, Pemkab Gunungkidul Gelar Operasi Pasar Beras Murah  Ilustrasi beras. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Asih mengatakan operasi pasar beras murah dilakukan di Kantor Desa Putat dilaksanakan pada Selasa (14/2/2023), Kantor Kecamatan Paliyan pada Rabu (15/2/2023), dan Balai Desa Kepek pada Sabtu (18/2/2023).

"Operasi pasar dilaksanakan di kantor desa atau kecamatan untuk mendekatkan kepada masyarakat dan supaya lebih tepat sasaran. Operasi pasar beras murah ini berlangsung satu pekan. Namun bila ada yang mengajukan permohonan, kami akan komunikasikan dengan Bulog," katanya.

2. Beras dijual Rp9.400 per kilo

Harga Beras Naik, Pemkab Gunungkidul Gelar Operasi Pasar Beras Murah  www.idntimes.com/markus-haning

Operasi pasar menyediakan beras jenis medium sebanyak 2 ton di tiap lokasi. Beras berasal dari distributor yang menjadi mitra Bulog dengan harga Rp9.400 per kilogram. 

"Masyarakat tidak dibatasi jumlah pembeliannya, namun dengan syarat tidak dijual kembali," katanya dikutip Antara, Rabu (15/2/2023). 

Saat ini harga beras di tingkat pedagang pasar rakyat masih stabil tinggi di kisaran Rp11 ribu hingga Rp12 ribu per kg. Menurutnya harga tinggi ini dinilai masih dalam batas wajar.

"Yang pasti dikendalikan lewat operasi pasar seperti ini, agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah harganya," katanya.

Baca Juga: Harga Beras di Bantul Tembus Rp13 Ribu Per Kilogram

3. Persediaan beras aman hingga Idul Fitri

Harga Beras Naik, Pemkab Gunungkidul Gelar Operasi Pasar Beras Murah  Ilustrasi gudang beras. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Perwakilan Gudang Bulog Gunungkidul, Norma memastikan persediaan beras di Gudang Bulog Gunungkidul masih aman untuk memenuhi permintaan menghadapi bulan puasa hingga Idul Fitri 2023.

"Stok beras di gudang aman hingga tiga bulan ke depan," katanya.

Baca Juga: Hujan Lebat 3 Sekolah SD dan SMP di Gunungkidul Kebanjiran

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya