Cegah Kecelakaan Bus selama Arus Mudik, Ini yang Dilakukan Dishub DIY

Lakukan ramp check pada bus

Yogyakarta, IDN Times - Pelaksanaan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum (ramp check) pada armada bus pariwisata bakal diintensifkan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur Lebaran 2024.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (Dishub DIY) Sumariyoto menjelaskan ramp check digencarkan untuk mencegah kecelakaan bus pariwisata seperti yang terjadi di kawasan Bukit Bego, Bantul berulang.
"Pemeriksaan akan kami lakukan di halaman parkir dan pintu masuk destinasi wisata," kata Sumariyoto, Selasa (26/3/2024).

1. Pengecekan dilakukan bersama Dishub kabupaten/kota

Cegah Kecelakaan Bus selama Arus Mudik, Ini yang Dilakukan Dishub DIYRamp check Dinas Perhubungan Bantul.(Dok Dishub Bantul)

Sumariyoto menjelaskan pemeriksaan bus pariwisata bersama Dinas Perhubungan di lima kabupaten/kota, antara lain mencakup kelengkapan perizinan yang dimiliki bus, masa uji KIR, hingga kondisi fisik seperti wiper dan lampu.

Dishub DIY, kata Sumariyoto, tidak akan menerapkan sanksi jika ditemukan pelanggaran administrasi maupun teknis dalam pemeriksaan itu. "Untuk sanksi kami tidak melakukan terutama pada saat mudik Lebaran. Kami hanya kasih peringatan saja, kemudian kami edukasi penumpangnya," katanya dikutip Antara. 

 

2. Tak ada alasan bus tidak uji KIR

Cegah Kecelakaan Bus selama Arus Mudik, Ini yang Dilakukan Dishub DIYRamp check Dinas Perhubungan Bantul. (Dok. Dishub Bantul)

Menurut Sumariyoto, semestinya tidak ada lagi alasan PO bus tidak melakukan uji KIR, sebab saat ini seluruh prosesnya dipastikan gratis. "Kalau bilang enggak punya KIR bisa dipastikan kendaraannya tidak layak. Karena tidak layak maka saat diuji tidak lulus," kata dia.
Untuk menghindari bus pariwisata yang bermasalah baik perizinan maupun keamanannya, kata Sumariyoto, calon penumpang dapat mengecek melalui aplikasi MitraDarat.

 

Baca Juga: Dear Pemudik, Waspadai Titik Rawan Banjir dan Longsor di Sleman

3. Bus reguler juga ikut diperiksa

Cegah Kecelakaan Bus selama Arus Mudik, Ini yang Dilakukan Dishub DIYRamp check Dinas Perhubungan Bantul.(Dok Dishub Bantul)

Sumariyoto menambahkan selain bus pariwisata, Dishub DIY juga menggelar ramp check pada bus reguler dalam kota maupun bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menjelang arus mudik Lebaran 2024 sejak awal Maret 2024.
"Kami menyasar di Terminal Giwangan, Jombor, Wates, dan Terminal Dakshirnaga. Di pool juga ada (pemeriksaan)," jelasnya.

Baca Juga: Jadwal Misa Tri Hari Suci Gereja Katolik di Jogja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya