Bulog Pastikan Persediaan Beras, Minyak Goreng di Yogyakarta Aman   

Serapan beras ditambah dengan panen di Bulan Agustus

Yogyakarta, IDN Times - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan ketersediaan beras aman hingga bulan November 2021.

Kepala Perum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) DIY Juaheni mengatakan Bulog DIY memiliki persediaan beras mencapai 49.000 ton. Persediaan itu diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di DIY, Karesidenan Kedu, dan Bayumas, Jawa Tengah hingga empat bulan ke depan.

"Sampai empat bulan ke depan masih cukup, apalagi nanti pada Agustus 2021 ada masa panen kedua," kata Juaheni, Kamis (22/7/2021). 

 

 

1. Persediaan beras aman hingga November 2021

Bulog Pastikan Persediaan Beras, Minyak Goreng di Yogyakarta Aman   ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Persediaan beras hingga bulan November 2021 tersebut, ia memastikan bahwa kebutuhan masyarakat selama PPKM aman. Apalagi, berdasarkan pemantauan Bulog DIY, saat momentum Idul Adha hingga saat ini belum terjadi pembelian beras dalam jumlah besar di pasaran.

"Momentum Idul Adha kemarin tidak ada gejolak. Rata-rata stabil. Dikatakan permintaan menurun juga tidak," ujar Juaheni dilansir Antara. 

Baca Juga: Bantu Penanganan COVID-19 di Sleman, PSS Siap Lelang Jersey 

2. Stok beras berlimpah

Bulog Pastikan Persediaan Beras, Minyak Goreng di Yogyakarta Aman   IDN Times/Hendra Simanjuntak

Persediaan beras diperkirakan masih terus bertambah. Saat ini Bulog DIY masih menyerap beras maupun gabah dari petani dengan rata-rata 50 ton per hari.

"Kemarin memang (serapan) sempat kita stop karena barang di gudang penuh. Tapi insyallah dengan adanya beras keluar akan kita serap lagi," kata dia.

1. Pembelian gabah dan beras dari petani sesuai HPP

Bulog Pastikan Persediaan Beras, Minyak Goreng di Yogyakarta Aman   Ilustrasi. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Pembelian gabah di tingkat petani saat ini sesuai Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yaitu Rp5.300 per kilogram dan Rp8.300 per kg untuk beras. Apabila harga beras mengalami gejolak, Bulog DIY siap menggelar kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) beras medium untuk meredam potensi kenaikan harga pangan bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY.

Selain beras, kebutuhan pokok lainnya yang tersedia di Gudang Bulog DIY seperti minyak goreng serta gula pasir juga masih aman.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya