Bondan Nusantara Maestro Ketoprak Jogja Meninggal Dunia 

Bondan tak ingin seni ketoprak mati 

Bantul. IDN Times - Pelestari budaya ketoprak Jogja, Bondan Nusantara meninggal dunia sore ini, Rabu (20/4/2022). Kabar duka ini berawal dari tulisan belasungkawa yang diunggah oleh rekan-rekan Bondan di media sosial. 

Akun @virgi*** menuliskan salam duka cita, "Sugeng tindak pak Bondan, swargi langgeng🙏". Ada juga akun @ayaht*** menuliskan "RIP Pak Bondan... 😭"

1. Sejak remaja sudah pentas ketoprak keliling

Bondan Nusantara Maestro Ketoprak Jogja Meninggal Dunia Seniman ketoprak Jogja, Bondan Nusantara. Instagram/nusantarabondan

Bondan Nusantara lahir pada 6 Oktober 1952 dari keluarga seniman. Sejak remaja sudah menggeluti ketoprak dengan bermain bersama keluarganya dengan mengadakan pertunjukan keliling.

Lulusan SMA Santo Thomas Jogja ini tak hanya menggeluti seni ketoprak, ayah dari Arcaya Menikotama pernah menjadi seorang wartawan di surat kabar Kedaulatan Rakyat dan Bernas.    

 

2. Aktif bermedia sosial

Bondan Nusantara Maestro Ketoprak Jogja Meninggal Dunia IDN Times/Daruwaskita

Bondan merupakan budayawan yang aktif di media sosial. Akun Instagram @nusantarabondan, tak pernah sepi dari cerita dan karyanya. 

Bahkan tiga hari sebelum meninggal, Bondan memposting sedang belajar Adobe Premier, atau program penyunting video. 

"Dolanan ngiras sinau dhewe alias MERDEKA BELAJAR jare mas Menteri Nadiem Makarim", demikian unggahan terakhir Bondan.

Baca Juga: 5 Kafe di Jogja yang Pajang Karya Seni, Serasa di Museum!

3. Bondan tak ingin seni ketoprak mati

Bondan Nusantara Maestro Ketoprak Jogja Meninggal Dunia Buku perjalanan maestro ketoprak, Bonda Nusantara berjudul Mewajah Kethoprak Indonesia. Instagram/nusantarabondan

Laki-laki yang tinggal di Kabupaten Bantul ini mempunyai sebuah buku yang isinya mengulas sepak terjangnya menjadi pemain, penulis skenario hingga pelestari ketoprak.

Buku setebal 448 halaman berjudul''Bondan Nusantara: Mewajah Ketoprak Indonesia’’ ditulis Purwadmadi, berisi tentang mimpi besar Bondan yang tak ingin kesenian ketoprak mati.

Selamat jalan Pak Bondan.  

 

Baca Juga: Bus Heritage Track Ajak Warga Keliling Jogja dan Belajar Sejarah   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya