Comscore Tracker

Bikers, Ini 5 Jalur Sepeda di Yogyakarta dari Pasar hingga Kuliner    

Lewat kampung pembuatan batik dan cosplay

Kota Yogyakarta, IDN Times - Rute bersepeda gak melulu harus di luar kota, Pemerintah Kota Yogyakarta telah menyiapkan jalur sepeda wisata atau Monalisa.  “Ada lima rute yang bisa dijelajahi dengan suasana yang berbeda-beda di tiap jalurnya,” terang Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Purwadi, Kamis (14/10/2021). 

Jalur Monalisa terdiri dari beberapa tempat wisata, pasar tradisional dan sejumlah cagar budaya. Antara lain Jeron Beteng, sentra gudeg di Wijilan, Malioboro, Taman Pintar.


  

1. Lewat kawasan budaya hingga Bendung sungai Gajah Wong

Bikers, Ini 5 Jalur Sepeda di Yogyakarta dari Pasar hingga Kuliner    Tempat makam Raja Mataram di Kotagede. Sumber: Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul

Heroe memaparkan terdapat rute bertema Romansa Kota Lawas yang melewati sejumlah kawasan cagar budaya. Rute sepanjang 13,3 kilometer tersebut dimulai dari Kantor Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menuju Jalan Sudirman, Jalan Juandi, Jalan Ipda Tut Harsono, Jalan Kusumanegara, kawasan Kotagede dan berakhir di Bendung Lepen Sungai Gajah Wong.

Dikutip Antara, rute yang ditawarkan bagi bikers berikutnya adalah Jajah Kampung Susur Sungai sepanjang 6,5 km. Rute dimulai dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Jembatan Gondolayu, menyusuri Kampung Karangwaru, Kampung Bener, dan finish di Museum Pangeran Diponegoro.

 

Baca Juga: Bikers, Ada Tempat Baru Bersepeda di Kebun Binatang Gembira Loka

2. Lewat kampung pembuatan batik dan cosplay

Bikers, Ini 5 Jalur Sepeda di Yogyakarta dari Pasar hingga Kuliner    Ilustrasi (Pixabay)

Rute jajah kampung versi dua juga bisa dinikmati sepanjang 6,5 km. Pesepeda bisa menikmati bangunan kuno yang masih banyak berdiri kokoh seperti Museum Wiratama, bengkel kereta api Balai Yasa, hingga makam Wijaya Brata.

“Di rute ini, pesepeda bisa menemukan kampung yang menjadi sentra jumputan, pembuatan wayang karakter bahkan kebutuhan cosplay yang sudah dijual ke mancanegara,” katanya.

Rute terakhir yang ditawarkan adalah rute Taman Pintar sepanjang 6,17 kilometer dimulai dari tempat wisata yang sudah menjadi ikon Kota Yogyakarta dan berakhir di Giwangan.

 

3. Diharapkan tingkatkan ekonomi warga

Bikers, Ini 5 Jalur Sepeda di Yogyakarta dari Pasar hingga Kuliner    Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Kompleks Kepatihan. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Jalur yang dibuat oleh Pemkot Yogyakarta diharapkan masyarakat di tiap kampung yang dilewati jalur sepeda wisata juga dapat memperoleh manfaat dari sisi ekonomi. 

“Jalur-jalur yang disiapkan selalu melewati perkampungan sehingga potensi ekonomi di tiap kampung bisa dikenalkan. Harapannya, muncul geliat ekonomi di masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Kesulitan Peroleh CHSE, Malioboro Belum Dapat Code PeduliLindungi  

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya