Bakal Dikunjungi 9 Juta Orang, Stok Pangan di Jogja Aman

Pemda DIY gelar pasar murah

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Pusat memprediksi pergerakan orang ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 mencapai 9 juta orang. Menyikapi kondisi itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag DIY) Syam Arjayanti menyatakan stok komoditas pokok di DIY masih mencukupi kebutuhan masyarakat selama libur akhir tahun. "Untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun stok pangan kita aman," kata dia.

1. Disperindag intensifkan pantauan harga

Bakal Dikunjungi 9 Juta Orang, Stok Pangan di Jogja AmanKepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Syam Arjayanti. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Syam menjelaskan menyongsong libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pihaknya mengintesifkan pemantauan dan evaluasi persediaan aneka komoditas pokok di lima kabupaten/kota. "Termasuk harga kami pantau terus. Setiap hari kami selalu mendapat laporan," ujarnya.

Persediaan cadangan beras pemerintah yang tersimpan di gudang Bulog, menurutnya masih mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Kalau yang di gudang Bulog dipastikan aman sampai tiga sampai empat bulan ke depan. Selain di level provinsi, pemerintah kabupaten/kota juga masih punya cadangan pangan sendiri-sendiri," ujar Syam.

2. Pemda DIY lakukan pengendalian harga

Bakal Dikunjungi 9 Juta Orang, Stok Pangan di Jogja AmanWarga mengantre saat membeli minyak goreng yang dijual di operasi pasar murah. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Menurut Syam, selain memastikan stok atau cadangan pangan aman, Pemda DIY melakukan pengendalian harga dengan menggencarkan pasar murah di sejumlah lokasi di lima kabupaten/kota secara berkala. Ia menuturkan hingga saat ini secara umum harga kebutuhan pokok di DIY terpantau stabil, meski khusus untuk harga aneka cabai masih tinggi.

"Kalau untuk beras sudah tidak ada lagi peningkatan harga. Daging dan telur ayam justru diperkirakan akan menurun," katanya.

Baca Juga: Harga Cabai di Jogja Jelang Libur Nataru Makin Pedas

3. Harga cabai masih mahal

Bakal Dikunjungi 9 Juta Orang, Stok Pangan di Jogja AmanCabai merah yang dijual di pasar tradisional. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Syam menjelaskan berdasarkan pemantauan Disperindag DIY di empat pasar pantauan di Kota Yogyakarta per 8 Desember 2023, harga beras IR I rata-rata dijual Rp13.800 per kg, beras IR II Rp13.375 per kg, gula pasir Rp16.750 per kg, minyak goreng kemasan premium Rp17.250 per liter, minyak goreng curah Rp14.000 per liter, telur ayam negeri Rp26.000 per kg, dan daging ayam broiler Rp34.500 per kg.

Aneka cabai merah keriting Rp72.750 per kg, cabai merah besar Rp87.250 per kg, cabai rawit hijau Rp63.750 per kg, dan cabai rawit merah Rp85.750 per kg. "Cabai masih mahal karena memang keterbatasan stok di mana-mana mengingat cuaca masih seperti ini," kata Syam

Baca Juga: Polres Bantul Larang Kendaraan Besar Melintas di Jalur Cinomati

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya