Asyik, PT KAI Tambah Perjalanan dari Jogja ke Jakarta dan Surabaya

Selama libur sekolah, jumlah penumpang harian naik 15 ribu

Yogyakarta, IDN Times - Perjalanan kereta api dari Yogyakarta selama liburan sekolah di bulan Juli akan ditambah sebanyak tujuh perjalanan. Kereta tambahan akan menuju ke arah Barat, Jakarta dan arah Timur atau Stasiun Gubeng, Surabaya.   

1. Jumlah penumpang harian naik 15 ribu

Asyik, PT KAI Tambah Perjalanan dari Jogja ke Jakarta dan SurabayaStasiun Tugu Yogyakarta. IDN Times/Holy Kartika

KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat terdapat 280.927 penumpang yang diberangkatkan terhitung sejak 25 Juni hingga 18 Juli dan sebanyak 233.359 penumpang yang tiba.

“Kenaikan jumlah penumpang sudah terjadi sejak akhir Juni, bahkan mencapai sekitar 21.000 orang dan 24.000 orang atau naik dari rata-rata harian sebanyak 15.000 penumpang,” ujar Humas PT KAI Daerah Operasional 6 Yogyakarta, Supriyanto, Rabu (6/7/2022).

2. Ini jadwal perjalanan kereta api tambahan ke arah Jakarta

Asyik, PT KAI Tambah Perjalanan dari Jogja ke Jakarta dan SurabayaIlustrasi Infrastruktur (Kereta). IDN Times/Arief Rahmat

Kereta tambahan yang disiapkan selama Juli di antaranya, KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir Jakarta yang akan diberangkatkan hingga 11 Juli, KA Argo Dwipangga relasi Solo Balapan-Gambir Jakarta dengan keberangkatan 5-17 Juli dan 21-24 Juli serta 28-31 Juli.

Supriyanto mengatakan penambahan tujuh perjalanan kereta di bulan ini Juli untuk memenuhi permintaan penumpang yang mengalami lonjakan selama masa libur sekolah.

“Tambahan perjalanan kereta api dari Daerah Operasi (Daop) 6 akan melayani beberapa kota tujuan yang mengalami kenaikan permintaan seperti Jakarta, Surabaya hingga Ketapang,” ujarnya.  

Selain itu akan diberangkatkan KA Tambahan relasi Tugu Yogyakarta-Gambir Jakarta hingga 10 Juli, KA Fajar Utama relasi Tugu Yogyakarta-Pasar Senen untuk keberangkatan hingga 18 Juli.

 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Soto Unik di Jogja, Wajib Dijajal Wisatawan!

Baca Juga: Rekomendasi Menu Sarapan dekat Malioboro, Gudeg, Soto sampai Jenang

3. Perjalanan tambahan juga menuju ke arah Surabaya

Asyik, PT KAI Tambah Perjalanan dari Jogja ke Jakarta dan Surabayadok. pribadi

 

Untuk pelanggan ke arah timur, diberangkatkan KA Sancaka fluktuatif relasi Tugu Yogyakarta-Surabaya Gubeng yang dioperasikan setiap hari sepanjang Juli pukul 06.45 WIB. Juga akan diberangkatkan KA Sancaka Tambahan yang diberangkatkan malam hari pukul 22.55 WIB pada 8-10 Juli serta 15-17 Juli.

Daop 6 Yogyakarta juga menambah perjalanan KA Mutiara Timur Relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng-Ketapang pada tanggal 7,9,11,14,16, dan 18 Juli.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya