Comscore Tracker

Aktivitas Merapi Tetap Tinggi, Ini yang Terjadi Selama Sepekan  

Intensitas hujan tinggi sebabkan banjir lahar

Sleman, IDN Times - Selama sepekan Gunung Merapi mengeluarkan dua kali awan panas guguran dengan jarak luncur maksimal tiga ribu meter. Berdasarkan pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), awan panas mengalir menuju Barat Daya disertai hujan abu tipis. 

"Pada tanggal 1 Desember 2021 terjadi dua kali awan panas guguran, disertai hujan abu tipis pada wilayah Timur Tenggara Merapi, yaitu Mriyan, Sangup Tamansari Boyolali, dan Gedongijo Klaten," papar Kepala BPPTKG Hanik Humaida, Jumat (3/12/2021). 

 

1. Merapi mengeluarkan guguran lava sebanik 170 kali

Aktivitas Merapi Tetap Tinggi, Ini yang Terjadi Selama Sepekan  IDN Times/Tunggul Kumoro

Hanik memaparkan mulai 26 November hingga 2 Desember, terjadi guguran lava sebanyak 170 kali ke arah Barat Daya dengan jarak luncur maksimal dua ribu meter. Sedangkan tinggi kubah Barat Daya turun sekitar dua meter.

"Morfologi kubah lava tengah tidak teramati adanya perubahan yang signifikan. Volume kubah lava barat daya sebesar 1.615.000 m3 dan kubah tengah sebesar 2.948.000 m3," kata Hanik. 

 Tingkat  perubahan bentuk atau deformasi Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM pada minggu ini menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 0,7 cm/hari.

Baca Juga: Banjir Lahar Hujan Merapi, 1.500 Meter Pipa Air Bersih Warga Putus  

Baca Juga: Pemda DIY Minta Polisi Usut Pelaku Video Porno Bandara Kulon Progo 

2. Intensitas hujan tinggi sebabkan banjir lahar

Aktivitas Merapi Tetap Tinggi, Ini yang Terjadi Selama Sepekan  Warga bergotong-oyong memperbaiki pipa jaringan di Hargobinangun, Pakem, Sleman. Dok: istimewa

Di musim hujan seperti saat ini, intensitas di puncak gunung sebesar 83 mm per jam selama 225 menit di Pos Kaliurang pada tanggal 30 November. Pada 1 Desember 2021, menyebabkan terjadi  penambah aliran dan lahar pada sungai Woro, Gendol, Kuning, Boyong, dan Bebeng. 

Berdasarkan data Kelurahan Hargobinangun, banjir lahar hujan mengakibatkan 1.500 meter pipa air bersih yang menjangkau empat dusun terputus. 

3. BPPTKG ingatkan aktivitas Merapi tetap tinggi

Aktivitas Merapi Tetap Tinggi, Ini yang Terjadi Selama Sepekan  Angin berembus di lereng Gunung Merapi terlihat dari kawasan Klakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Hanik menyampaikan saat ini aktivitas vulkanik Merapi masih cukup tinggi berupa aktivitas erupsi efusif, dengan status dalam tingkat siaga. 

BPPTKG tetap mengingatkan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor Tenggara–Barat Daya sejauh maksimal tiga km ke arah sungai Woro, dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius tiga km dari puncak.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya