3,6 Juta Wisatawan akan Berlibur di Kota Yogyakarta 

70 persen wisatawan datang menggunakan kendaraan pribadi

Yogyakarta, IDN Times - Sebanyak 90 persen wisatawan diperkirakan akan memasuki Kota Yogyakarta saat libur Natal dan akhir tahun. Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memperkirakan ada sekitar 3,6 juta wisatawan atau lebih yang akan memadati Kota Yogyakarta selama libur akhir tahun.

1. Diperkirakan 3,6 juta wisatawan piknik ke Kota Yogyakarta

3,6 Juta Wisatawan akan Berlibur di Kota Yogyakarta Wisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Jumlah tersebut meningkat sekitar 40 persen dibanding saat libur akhir tahun pada 2021. Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan dibutuhkan berbagai persiapan agar wisatawan tetap nyaman saat berada di Yogyakarta.

“Jika DIY memperkirakan ada lebih dari empat juta wisatawan yang akan datang saat libur akhir tahun, sekitar 90 persen di antaranya akan masuk ke Yogyakarta,” kata Agus Arif, Kamis (22/12/2022). 

2. Sekitar 70 persen wisatawan datang menggunakan kendaraan pribadi

3,6 Juta Wisatawan akan Berlibur di Kota Yogyakarta Titik Nol Kilometer Yogyakarta diberi pagar pembatas. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Persiapan yang dilakukan di antaranya pengaturan arus lalu lintas agar tetap mengalir meski volume kendaraan dipastikan padat. Agus memperkirakan sekitar 70 persen wisatawan datang menggunakan kendaraan pribadi.

“Kepadatan di beberapa ruas jalan tidak mungkin dihindari. Saya selalu mengatakan, saat libur panjang seperti ini, wisatawan dapat menikmati Yogyakarta dengan cara yang lebih lambat,” katanya dikutip Antara. 

Titik-titik potensi kepadatan di antaranya adalah di sekitar lokasi wisata dan di pintu-pintu masuk Kota Yogyakarta, termasuk di kawasan Malioboro, Titik Nol Kilometer Yogyakarta, simpang Gondomanan, Tugu, dan simpang Jalan Affandi.

Baca Juga: 5 Jajanan Legendaris di Yogyakarta, Ada yang Gurih sampai Menyegarkan

3. Dirikan 3 pos pengamanan

3,6 Juta Wisatawan akan Berlibur di Kota Yogyakarta Ilustrasi Pos Pengamanan (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Polresta Yogyakarta menyiapkan tiga pos pengamanan selama libur akhir tahun yaitu di simpang Tugu, Teteg Malioboro, dan Titik Nol Kilometer serta satu pos pelayanan di Gembira Loka Zoo.

“Kami menempatkan rambu petunjuk arah di beberapa titik simpang untuk membantu mengarahkan wisatawan dan khusus di kawasan Malioboro akan dilakukan buka tutup sesuai kondisi kepadatan lalu lintas,” kata Kasatlantas Polresta Yogyakarta Kompol Candra Lulus Widiantoro.

Baca Juga: 7 Keunggulan Kampung Wisata Rejowinangun Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya