2.202 Gempa Bumi Terjadi di Jogja Selama Tahun 2023

Jumlah gempa terbanyak terjadi bulan Desember

Yogyakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merekam sebanyak 2.202 gempa bumi terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepanjang tahun 2023.

1. Puncak jumlah gempa terjadi bulan Desember

2.202 Gempa Bumi Terjadi di Jogja Selama Tahun 2023ilustrasi gempa (IDN Times/Esti Suryani)

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Sleman Setyoajie Prayoedhie dalam keterangannya menyebutkan puncak frekuensi gempa bumi di DIY terjadi pada Desember 2023, yaitu sebanyak 273 kali , sedangkan jumlah terendah terjadi pada Mei dengan 105 kejadian gempa.

 

2. Didominasi gempa dangkal

2.202 Gempa Bumi Terjadi di Jogja Selama Tahun 2023ilustrasi gempa (IDN Times/Esti Suryani)

Setyoajie menyebutkan gempa di DIY masih didominasi gempa dangkal kecil yang mencapai 1.982 kali seiring dengan peningkatan rapatnya jaringan seismograf BMKG.

Menurutnya salah satu peristiwa gempa bumi yang terasa terjadi pada 30 Juni 2023 dengan kekuatan Magnitudo 6.4. Gempa yang berpusat di laut, 83 kilometer barat daya Kabupaten Bantul tersebut tercatat menyebabkan kerusakan.

 

Baca Juga: Antisipasi Nuthuk Harga Saat Liburan ke Jogja, Biar Gak Boncos

3. BMKG menggelar sekolah lapangan

2.202 Gempa Bumi Terjadi di Jogja Selama Tahun 2023Ilustrasi pemantauan cuaca oleh BMKG. (IDN Times/Ayu Afria)

BMKG Yogyakarta, menggencarkan promosi penguatan mitigasi gempa bumi dengan menggelar kegiatan literasi menyelenggarakan Sekolah Lapang Geofisika dan BMKG Goes to School sepanjang 2023. Kegiatan ini melibatkan 10.248 peserta dari berbagai kalangan sebagai komitmen memberikan pemahaman yang lebih luas.

"Harapannya, masyarakat memiliki kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana alam yang dapat terjadi akibat aktivitas gempa bumi," katanya.

 

Baca Juga: 12 Tempat Wisata di Jogja Ramah Anak, Pas untuk Liburan Sekolah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya