Yogyakarta Masih Aman, Pasca Percobaan Bom Bunuh Diri di Kartasura

Polda DIY Siagakan Brimob di Pospam Lebaran

Sleman, IDN Times -Polda DIY mengimbau pemudik dan masyarakat Yogya tidak perlu resah dengan aksi percobaan bunuh diri di Pospam Lebaran Kartasura, Sukoharjo pada Senin (3/6).

Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto mengatakan petugas kepolisian menjamin keamanan masyarakat yang sedang mudik atau berlebaran di Yogyakarta.

"Yogyakarta masih kondisif dan aman. Beraktivitas saja seperti biasanya dan petugas akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat," katanya.‎

Baca Juga: Dulunya Aktif Bergaul, 3 Fakta soal Pelaku Bom di Kartasura

1. Satuan Brimob yang amankan petugas yang berjaga di Pospam Lebaran‎

Yogyakarta Masih Aman, Pasca Percobaan Bom Bunuh Diri di KartasuraANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yulianto mengatakan  Polda DIY menerjunkan petugas Brimob untuk mengamankan petugas yang berada di Pospam Lebaran yang ada di DI Yogyakarta.

"Jadi ada petugas dari Brimob Polda DIY yang melakukan pengamanan petugas yang berjaga di Pospam Lebaran. Namun mereka tidak terlihat," katanya ketika dihubungi IDN Times, Selasa (4/6).

2. Personel Brimob yang mengamankan petugas di Pospam Lebaran Bisa Langsung Bertindak Jika Ada Peristiwa.

Yogyakarta Masih Aman, Pasca Percobaan Bom Bunuh Diri di KartasuraIDN Times/Fitang Budhi


‎Petugas dari Brimob itu, kata Yuliyanto, selalu memantau setiap pergerakan yang terjadi di sekitar Pospam Lebaran. Jika ada hal-hal yang mencurigakan langsung bisa bertindak.

"Atas kejadian di Pospam Lebaran Kartosuro tentunya petugas dari Brimob yang menjaga keamanan petugas di Pospam Lebaran meningkatkan kewaspadaannya," jelasnya.

3. Masyarakat diminta aktif melaporkan hal-hal yang mencurigakan‎

Yogyakarta Masih Aman, Pasca Percobaan Bom Bunuh Diri di KartasuraIDN Times/Daruwaskita

Yuliyanto menegaskan pasca kejadian percobaan bom bunuh diri di Pospom Tugu, Kartasura petugas yang bertugas di Pospam harus meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, masyarakat juga diminta aktif melaporkan jika ada gerak-gerik seseorang yang mencurigakan.

"Ya tentu semua stakeholder harus terlibat dalam menciptakan suasana yang aman dan terkendali. Bukan dari aparat saja," ucapnya.

4. Pasukan Brimob ikut menjaga petugas kepolisian yang menjaga pemudik Lebaran.

Yogyakarta Masih Aman, Pasca Percobaan Bom Bunuh Diri di KartasuraIDN Times/Nindias Khalika

Yuliyanto mengatakan sejak awal didirikannya Pospam Lebaran sudah ada petugas yang mengamankan petugas yang berjaga di Pospam Lebaran. Petugas pengamanan itu tidak menyatu dengan petugas yang sedang berjaga.

Baca Juga: Polri: Pelaku Bom Kartasura Terpapar Paham ISIS

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya