Wisatawan dari Brebes Tenggelam dan Hilang di Pantai Parangtritis

Tim SAR masih melakukan pencarian

Bantul, IDN Times - ‎Gelombang pasang di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul kembali menelan korban. Seorang wisatawan dinyatakan hilang dan seorang lagi berhasil diselamatkan oleh Sarsatlinmas Wilayah III Kabupaten Bantul.‎

Wisatawan yang selamat yakni Dani Ahwan (15), warga Rancahwiruh, Pangkah, Tegal, Jawa Tengah. Sementara, korban yang tenggelam dan hilang adalah Fatih Abdi Muzaki (13) warga Wanajaya, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Seorang Perempuan Ditemukan Meninggal di Kosnya di Parangtritis

1. Rombongan santri tiba di Pantai Parangtritis dengan menggunakan bus

Wisatawan dari Brebes Tenggelam dan Hilang di Pantai ParangtritisKoordinator Sarsatlinmas Wilayah III Bantul. Ali Sutanta Jaka Saputra. (IDN Times/Daruwaskita)

Koordinator Sarsatlinmas Wilayah III Bantul, Ali Sutanta Jaka Saputra, mengatakan kejadian laka laut di Pantai Parangtritis berawal ketika korban dan rombongannya tiba di Pantai Parangtritis sekitar pukul 02.00 WIB. 

"Rombongan yang semuanya berasal dari Pondok Pesantren Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah ini setelah tiba di Pantai Parangtritis beristirahat di dalam bus," katanya, Kamis (30/12/2021).

2. Pukul 06.00 WIB rombongan santri mulai bermain air di laut

Wisatawan dari Brebes Tenggelam dan Hilang di Pantai ParangtritisIlustrasi wisatawan bermain air di pantai.IDN Times/Istimewa

Sekitar pukul 06.00 WIB, rombongan pondok pesantren ini mulai berjalan menuju Pantai Parangtritis. Dani Ahwan bersama Fatih Abdi Muzaki serta anak lainnya mulai bermain air di laut. 

Mendadak gelombang pasang datang kemudian menyeret Fatih Abdi Muzaki ke tengah laut. Melihat rekannya terseret gelombang, Dani Ahwan mencoba memberi pertolongan. Namun, ia justru ikut terseret gelombang.

"Melihat adanya korban yang terseret gelombang ke tengah laut, tim SAR yang sedang bertugas berusaha memberikan pertolongan," papar Ali.

3. Seorang santri berhasil diselamatkan namun seorang santri lainnya dinyatakan hilang‎

Wisatawan dari Brebes Tenggelam dan Hilang di Pantai ParangtritisSeorang santri yang berhasil diselamatkan oleh tim sar.(dic.Sar Satlinmas Wilayah III Bantul)

Usaha keras yang dilakukan oleh tim SAR berhasil menyelamatkan Dani Ahwan. Namun korban Fatih Abdi Muzaki hilang dan sampai saat ini belum ditemukan.

"Kita masih melakukan pencarian keberadaan korban," ujar Ali.‎

Baca Juga: Libur Natal, Pantai Parangtritis Diserbu Ribuan Wisatawan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya