Comscore Tracker

Wabah Covid-19, Jumlah Wisman ke Pantai Gunungkidul Turun Drastis

Wisman banyak batalkan kunjungan 

Gunungkidul, IDN Times -Merebaknya wabah Covid 19 yang menyebabkan lebih dari 2.000 orang meninggal membawa dampak serius bagi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satu dampaknya adalah jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke obyek pantai di Gunungkidul turun drastis. 

1. Wisatawan asing batalkan kunjungan ke Pantai Timang sejak tiga pekan yang lalu‎

Wabah Covid-19, Jumlah Wisman ke Pantai Gunungkidul Turun DrastisIlustrasi Pantai Timang. instagram.com/kefata

Pelaku wiata di Pantai Timang, Kabupaten Gunungkidul, Wasiman, mengatakan wisatawan asing banyak melakukan pembatalan kunjungan.

"Dalam tiga pekan terakhir ini banyak wisatawan asing yang membatalkan kunjungan akibat merebaknya wabab Covid-19," katanya, Rabu (19/2).

Baca Juga: 5 Pilihan Moda Transportasi dari Jogja Menuju YIA, Plus Tarifnya

2. Kunjungan wisatawan asing di Pantai Timang hanya tinggal separuhnya‎

Wabah Covid-19, Jumlah Wisman ke Pantai Gunungkidul Turun DrastisIlustrasi Pantai Timang Gunungkidul. blog.tourismwave.com

Menurut Wasiman, sebelum terjadi wabah Covid-19, jumlah wisatawan asing mencapai 600 hingga 700 orang per bulan.  Tapi saat ini jumlahnya berkurang drastis, bahkan hanya tinggal separuhnya saja.

Biasanya wisatawan asing yang datang ke Pantai Timang berasal dari Malaysia, Korea, Tiongkok dan kawasan Asia lainnya.

"Biasanya wisatawan penasaran untuk mencoba gondola dan jembatan di pulau Karang, ditambah di Pantai Timang ini juga dikenal dengan olahan lobsternya," tuturnya.

Menurutnya wisatawan asing yang masih berkunjung ke Pantai Timang bisa dihitung dengan jari. 

"Saat ini yang datang sebagian besar dari Malaysia. Kita hanya mengandalkan kunjungan wisatawan domestik saja untuk saat ini. Semoga wabah Covid 19 segera berakhir dan wisata kembali bergairah," tambahnya lagi.

3. Dinpar Gunungkidul belum mencatat ada penurunan kunjungan wisatawan asing‎

Wabah Covid-19, Jumlah Wisman ke Pantai Gunungkidul Turun DrastisIlustrasi wisatawan asing. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara Sekretaris Dinas Parisiwisata Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan hingga saat ini belum ada catatan kunjungan wisatawan asing menurun. Hitungan itu berdasarkan tiket masuk obyek wisata yang dibedakan untuk wisatawan asing dan domestik.

"Setiap tahunnya Gunungkidul dikunjungi sekitar 19 ribu hingga 23 ribu wisatawan asing. Mereka berasal dari berbagai negera," terangnya.‎

Baca Juga: 10 Wisata Bukit di Yogyakarta Ini Sayang untuk Dilewatkan!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya