Usai Santap Makanan Hajatan, Puluhan Warga Gunungkidul Keracunan

Warga merasakan pusing hingga mual

Gunungkidul, IDN Times - Sebanyak 62 warga Padukuhan Kalitekuk, Kalitekuk, Kapanewon Semin diduga mengalami keracunan usai mengonsumsi makanan hajatan. Bahkan beberapa di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit.

"Ada 62 warga mengalami keracunan, penyebab pasti belum diketahui. Dugaan karena mengonsumsi makanan dari salah warga yang syukuran sepasaran (syukuran bayi lahir lima hari), ada makanan urap," Kata Lurah Kalitekuk Waluya, Kamis (7/3/2024).

1. Warga diduga keracunan usai menyantap makanan urap

Usai Santap Makanan Hajatan, Puluhan Warga Gunungkidul KeracunanIlustrasi urap sayur (commons.wikimedia.org/Irhanz)

Menurutnya, warga yang tidak makan urap tidak mengalami keluhan tanda keracunan. Mereka yang hanya mengonsumsi telur, dan nasi tidak merasakan keracunan," terang Waluya. 

Warga mulai merasakan mual, muntah, diare dan panas tinggi pada Selasa (5/3/2024) malam. "Awalnya ada satu, dua yang mengeluh dan langsung banyak. Ada yang opname rumah sakit," katanya.

2. 28 orang dilarikan ke rumah sakit

Usai Santap Makanan Hajatan, Puluhan Warga Gunungkidul KeracunanIlustrasi layanan kesehatan. (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu Kasi Pelayanan Medis RSUD Wonosari drg Wahyu mengatakan, rumah sakit menerima pasien sejak Rabu (6/3/2024) hingga hari ini sebanyak 28 orang. "Kemarin 16 orang, hari ini masuk lagi 12 orang sedang diobservasi di IGD. Total ada 28 orang," terangnya.

Baca Juga: Jamaah Masjid Aolia Gunungkidul Mulai Menggelar Salat Tarawih

3. Keluhan yang dirasakan pasien

Usai Santap Makanan Hajatan, Puluhan Warga Gunungkidul Keracunanilustrasi sakit (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Menurut Wahyu, keluhan yang dirasakan oleh pasien beragam mulai merasakan pusing hingga hingga diare yang mengarah pada keracunan makanan. "Keluhan beragam antar satu pasien dengan pasien lainnya," ungkapnya.

Baca Juga: 6 Promo Iftar Ramadan 2024 Hotel Bintang 4 Jogja, Mulai Rp130 Ribuan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya