Untoro Hariadi Daftar Balon Bupati Bantul ke Partai Golkar

Naik andong ke kantor DPD Golkar Bantul

Intinya Sih...

  • Untoro Hariadi mendaftar sebagai balon bupati Bantul ke kantor DPD Partai Golkar menggunakan andong bersama dengan pendukungnya.
  • Setelah mendaftar, Untoro akan berkomunikasi dengan partai lain untuk memenuhi syarat minimal kursi di DPRD Bantul.
  • Sekretaris DPD II Golkar Bantul menyatakan ada tiga balon bupati dan empat balon wakil bupati yang telah mendaftar.

Bantul, IDN Times - Untoro Hariadi resmi mendaftar sebagai bakal calon (balon) bupati Bantul ke kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Bantul pada Rabu (24/4/2024). Warga Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul, itu datahg ke kantor DPD Golkar Bantul menggunakan andong bersama dengan belasan pendukungnya. Ia kemudian disambut oleh sejumlah pengurus partai berlambang pohon beringin ini.

1. Daftar balon bupati Bantul untuk melaksanakan mandat warga

Untoro Hariadi Daftar Balon Bupati Bantul ke Partai GolkarBalon bupati Bantul Untoro Hariadi.(IDN Times/Daruwaskita)

Usai mendaftar sebagai balon bupati Bantul Untoro Hariadi mengaku mengikuti prosedur formal yang ada di Partai Golkar yakni mengisi formulir pendaftaran. Apalagi beberapa waktu yang lalu dirinya didatangi oleh puluhan warga yang meminta dirinya untuk maju sebagai balon bupati Bantul.

"Setelah meminta mandat dari masyarakat hari ini saya mendaftar diri sebagai balon bupati Bantul dan diantar oleh warga," katanya di kantor DPD Partai Golkar Bantul, Rabu (24/4/2024). "Sebagai pemimpin itu harus konsisten dan pemimpin itu dilahirkan dari warga," ucapnya lagi.

2. Komunikasi dengan partai lainnya

Untoro Hariadi Daftar Balon Bupati Bantul ke Partai GolkarBendera partai politik peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Untoro mengatakan setelah mendaftar ke DPD Partai Golkar, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan partai lain. Sebab, untuk bisa diusung dalam pilkada, minimal harus memiliki sembilan kursi di DPRD Bantul. Padahal Partai Golkar sendiri hanya memiliki enam kursi sehingga masih butuh minimal tiga kursi tambahan lagi.

"Tentunya saya akan lebih banyak lagi berkomunikasi dengan partai lainnya agar memiliki kursi yang cukup untuk mengusung calon bupati dan calon wakil bupati," ujar dia.

Baca Juga: Bupati Bantul Ambil Formulir Pendaftaran Pilkada di PDIP dan Golkar

3. Dua balon bupati Bantul lainnya juga resmi mendaftar ke DPD Golkar Bantul

Untoro Hariadi Daftar Balon Bupati Bantul ke Partai GolkarIlustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu Sekretaris DPD II Golkar Bantul, Widodo, mengatakan sudah ada tiga balon bupati Bantul yang telah resmi mendaftar, di antaranya Abdul Halim Muslih, Untoro Hariadi dan Agus "Moncer" Santosa.

"Yang mengembalikan formulir pendaftaran secara langsung hanya Pak Untoro. Sedangkan Pak Halim dan Pak Agus Moncer pengembalian formulir diwakilkan karena ada kepentingan lain yang tidak bisa ditinggalkan," ucapnya.

Widodo menjelaskan untuk balon wakil bupati Bantul menyatakan keempat bacalon telah mengembalikan. Untuk Ali Rasyid, berkas formulir telah dikembalikan bersamaan dengan pendaftaran ,Selasa (23/4/2024). Sedangkan Bejo WTP juga telah mengembalikan berkas formulir pada Rabu (24/4/2024).

"Untuk Ahmad Badawi telah mengembalikan. Begitu juga dengan Mujiyat, sudah mengembalikan semua," lanjut Widodo.

"Lalu ada satu bakal calon wakil bupati yang sampai siang ini mengembalikan formulir [Amin Purnomo]," tambahnya lagi.

Baca Juga: Golkar Bantul Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya