UMY Jadi PTS Pertama di Indonesia yang Terapkan Kampus Sehat

Kementerian Kesehatan beri pendampingan kepada UMY‎

Bantul, IDN Times - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi yang pertama di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia yang menerapkan kampus sehat.

UMY juga tercatat sebagai perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk mewujudkan kampus sehat.

Baca Juga: Rektor UMY: Wacana Datangkan Rektor Asing untuk PTN Perlu Dicoba

1. Kampus Sehat akan dikembangkan di 166 PTM

UMY Jadi PTS Pertama di Indonesia yang Terapkan Kampus SehatKetua Majelis Pendidikan Tinggu dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah, Lincolin Arsyad. IDN Times/Daruwaskita

Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah, Lincolin Arsyad mengatakan dari 166 PTM yang ada di Indonesia UMY merupakan kampus pertama yang telah menginisiasi kampus sehat. Ke depannya konsep kampus sehat akan dikembangkan di 165 PTM lainnya di seluruh Indonesia.

"Kampus sehat yang ada di UMY ini akan coba diterapkan di seluruh kampus di lingkungan Muhammadiyah dan Aisyiyah karena kesehatan sangat penting dan mahal harganya. Lebih kita preventif daripada kuratif," ungkapnya di sela-sela penandatanganan MoU Kampus Sehat antara Direktorat Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Dengan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Muhammadiyah di Kampus UMY, Sabtu (2/11).

2. Kampus sehat tidak hanya dilihat secara fisik saja tetapi juga perilaku‎

UMY Jadi PTS Pertama di Indonesia yang Terapkan Kampus SehatIlustrasi menu makanan. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Menurutnya kampus sehat artinya sangat luas yang menyangkut fisik dan perilaku. Fisik menyangkut fasilitas jogging track yang bagus, tempat olahraga, dan sanitasi yang bagus. Sedangkan secara perilaku adalah gaya hidup mulai dari makanan yang disajikan di kantin kampus UMY.

"UMY sendiri sudah masuk kriteria kampus sehat yang tidak hanya dari fisiknya saja tetapi juga perilakunya," ungkapnya.

3. UMY bagikan 8.000 tumbler secara gratis kepada mahasiswanya‎

UMY Jadi PTS Pertama di Indonesia yang Terapkan Kampus SehatRektor Universitas Muhammadiya Yogyakarta (UMY) Gunawan Budiyanto

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto mengatakan untuk mendorong perilaku kampus sehat, UMY membagikan 8.000 tumbler secara gratis kepada para mahasiswa. Selain itu, UMY akan memberikan diskon 15 persen bagi mahasiswa ketika membeli minuman di kantin kampus saat membawa tumbler sendiri.

"Kita juga mendorong mahasiswa untuk membawa lunch box sendiri sehingga ketika makan di kantin bisa menggunakan lunch box yang dibawa dari rumah atau kos," katanya.

4. UMY jadi kampus ke-4 di Indonesia yang melakukan perjanjian kerja sama kampus sehat dengan Kemenkes‎

UMY Jadi PTS Pertama di Indonesia yang Terapkan Kampus SehatPenandatangan MoU Kampus Sehat Antara UMY Dengan Dirjen Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, IDN Times/Daruwaskita

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihartono mengatakan UMY menjadi kampus ke 4 yang menjadi kampus sehat. Sebelumnya perguruan tinggi yang sudah mendeklarasikan menjadi kampus sehat adalah Universitas Indonesia, UNS Solo dan ketiga Univeritas Andalas, Padang.

Kementerian Kesehatan dipastikan juga akan melakukan pendampingan dan berkolaborasi dengan UMY untuk mewujudkan kampus sehat.

"Secara teknis teman-teman dari Dinkes Provinisi, kabupaten memfasilitasi tentang hal-hal yang ada seperti menu makanan yang sehat. Jadi menyajikan makanan itu bukan nasi di urutan pertama tetapi justru yang terakhir sendiri," katanya.

Baca Juga: Biaya Kuliah Akibatkan Inflasi di Kota Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya