Tradisi Padusan, Pantai Parangtritis Dipadati Ribuan Wisatawan

Wisatawan diperkirakan mencapai 10 ribu orang

Intinya Sih...

  • Tradisi padusan di Pantai Parangtritis dilaksanakan oleh ribuan wisatawan dan masyarakat Yogyakarta jelang bulan Ramadan.
  • Hingga sore hari, jumlah wisatawan yang berkunjung diperkirakan mencapai lebih dari 10 ribu orang, sebagian besar dari luar Yogyakarta.
  • Kondisi air laut terlihat keruh akibat hujan, namun tradisi padusan tetap berjalan dengan aman dan terkendali.

Bantul, IDN Times - Ribuan wisatawan dan masyarakat Yogyakarta melaksanakan tradisi padusan atau mandi untuk mensucikan diri jelang bulan Ramadan pada Minggu (10/3/2024) di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul.

Kepadatan wisatawan dan masyarakat yang akan melaksanakan tradisi padusan terlihat di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Pantai Parangtritis. Hingga sore hari, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok diperkirakan mencapai lebih dari 10 ribu orang.

1. Hingga pukul 14.00 Pantai Parangtritis dikunjungi 2.065 wisatawan

Tradisi Padusan, Pantai Parangtritis Dipadati Ribuan WisatawanTPR Induk Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Koordinator TPR Induk Pantai Parangtritis, Rohmad Ridwanto, mengatakan hingga pukul 14.00 WIB jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis dan Pantai Depok mencapai 2.065 wisatawan. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah hingga sore hari nanti.

"Perkiraan ada sekitar 10 ribu hingga 15 ribu wisatawan yang akan mengunjungi Pantai Parangtritis dan Pantai Depok," ucapnya, Minggu.

2. Sebagian besar wisatawan yang datang dari luar Yogyakarta

Tradisi Padusan, Pantai Parangtritis Dipadati Ribuan WisatawanTradisi padusan di Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Rohmad menyebut, wisatawan yang memadati Pantai Parangtritis sebagian besar dari luar Yogyakarta, sebab pada hari Senin (11/3/2024) masih libur hari raya Nyepi. Meski dalam waktu yang bersamaan sebagian umat muslim sudah menjalankan ibadah puasa.

"Tapi kemungkinan untuk hari Senin (11/3/2024) jumlah wisatawan akan berkurang. Wisatawan gunakan waktu untuk berlibur pada hari ini," ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Personel SAR Siap Amankan Padusan di Pansela Bantul

3. Jelang sore diprediksi jumlah wisatawan akan terus bertambah

Tradisi Padusan, Pantai Parangtritis Dipadati Ribuan WisatawanTradisi padusan di Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Bantul, Muhammad Arief Nugraha, mengatakan hingga pukul 15.00 WIB belum terlihat lonjakan wisatawan yang akan melaksanakan tradisi padusan.

Pria yang disapa akrab Inu ini menjelaskan saat ini kondisi air laut terlihat keruh akibat hujan, sehingga menyebabkan air sungai yang masuk ke laut.

"Sampah limpahan dari sungai yang bermuara di laut selatan Bantul juga menyebabkan pantai terdapat sampahnya," ucapnya. "Yang jelas tradisi padusan masih berjalan dengan aman dan terkendali, mandali."

Baca Juga: 5 Tempat Favorit di Jogja untuk Tradisi Padusan Jelang Ramadan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya