Terseret Ombak Pantai Salen Gunungkidul, Seorang Mahasiswa UTY Tewas

Satu korban selamat dan satu lagi masih dalam pencarian

Gunungkidul, IDN Times - Tiga orang mahasiswa terseret ombak di Pantai Salen, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Seorang mahasiswa ditemukan tewas, 1 selamat dan 1 lagi masih dalam proses pencarian tim SAR gabungan.

1. Korban mandi di pantai dan terseret gelombang pasang

Terseret Ombak Pantai Salen Gunungkidul, Seorang Mahasiswa UTY TewasPixabay/suetot

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Marjono menjelaskan kejadian tragis yang menimpa 3 mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) berawal ketika korban dan rombongan bermalam di Pantai Sanglen, Kamis (2/5) malam. Dan keesok harinya tepatnya setelah bangun tidur mereka bermain air di pantai tersebut.

"Ketiga korban bermain air di pantai kemudian datang gelombang pasang dan menyeret ke tiga korban hingga tenggelam," katanya, Jumat (3/5).

Baca Juga: Kirim Bantuan untuk Korban Banjir, Remaja Gresik Tewas Terseret Arus

2. Hanya 1 mahasiswa UTY yang berhasil diselamatkan

Terseret Ombak Pantai Salen Gunungkidul, Seorang Mahasiswa UTY TewasPersonel SAR memberi pertolongan kepada korban selamat (IDN Times/Istimewa)

Morjono menjelaskan 3 mahasiswa yang terseret ombak masing-masing bernama Rizqi Khoirun Nasir (20), warga Desa Wedelan, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Erik Nurfauzi (19), warga Desa Belor, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah dan Gusti Muhammad Firdaus (19), warga Desa Pragak, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Lanjut Marjono, beruntung peristiwa tersebut diketahui oleh Tim SAR yang tengah berjaga di sekitar pantai, dan langsung berupaya menolong ketiga mahasiswa tersebut. Lebih lanjut, upaya Tim SAR pun membuahkan hasil meski hanya 1 orang yang berhasil diselamatkan.

"Tahu ada yang tenggelam, anggota SAR tadi langsung berenang dan menolong ketiganya. Tapi hanya satu yang selamat (Rizqi), dan yang atas nama Erik tadi ditemukan mengapung dengan kondisi sudah meninggal terus satunya lagi (Gusti) belum ditemukan," kata Marjono.

3. Jenazah 1 mahasiswa UTY dibawa ke RSUD Wonosari

Terseret Ombak Pantai Salen Gunungkidul, Seorang Mahasiswa UTY TewasIlustrasi jenazah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Marjono mengatakan untuk Rizqi sempat mengalami sesak napas dan langsung dibawa ke Puskesmas terdekat. Sedangkan untuk jenazah Erik langsung dilarikan ke RSUD Wonosari untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

"Karena masih ada satu orang yang belum ketemu, saat ini kami masih lakukan pencarian dengan menyisir sekitar lokasi kejadian dengan 2 perahu jukung dan jet ski," katanya.

Baca Juga: 29 Orang Jadi Korban Banjir dan Longsor di Bengkulu, 13 Hilang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya