Tak Ingin ada Klaster, Dinkes Gelar Rapid Tes Tempat Wisata di Bantul

Pantai Parangtritis target utama rapid tes acak

Bantul, IDN Times - ‎Pasca ditemukannya 9 kasus positif COVID-19 warga di Dusun Mancingan, Parangtritis, Dinas Kesehatan Bantul berencana melakukan rapid tes acak kepada wisatawan di sejumlah objek wisata yang ada di Bumi Projotamansari.

1. Pj Bupati Bantul dan Sekda Bantul minta diadakan rapid tes acak di obyek wisata‎

Tak Ingin ada Klaster, Dinkes Gelar Rapid Tes Tempat Wisata di BantulKepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan rapid tes acak kepada wisatawan dan pelaku wisata dilakukan sebagai antisipasi terjadinya penularan COVID-19. 

"Hasil konsultasi dengan Pak Pj Bupati Bantul dan Pak Sekda, diminta untuk melakukan screening di obyek wisata," katanya ditemui di Gedung DPRD Bantul, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: 10 Kuliner Bantul Ini Wajib Dicoba Kalau Kamu Liburan ke Jogja

2. Dinas Kesehatan siap koordinasi dengan Dinas Pariwisata Bantul

Tak Ingin ada Klaster, Dinkes Gelar Rapid Tes Tempat Wisata di BantulPengunjung Pantai Parangtritis. IDN Times/Daruwaskita

Gus Bud panggilan akrab Agus Budi Raharja menyatakan pihaknya akan bekerja sama dengan dinas pariwisata menentukan tempat wisata.  

"Prinsip kami siap gelar rapid tes, apalagi objek wisata Pantai Parangtritis. Kalau objek wisata lain kita nunggu hasil koordinasi," terangnya.

3. Prokes tempat wisata di Bantul akan diperketat

Tak Ingin ada Klaster, Dinkes Gelar Rapid Tes Tempat Wisata di BantulPetugas memberikan himbauan kepada wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan kepada wisatawan di Pantai Parangtritis, Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Pengetatan sejumlah objek wisata di Kabupaten Bantul akan terus dilakukan, apalagi jelang libur akhir tahun diprediksi sebanyak 12 ribu lebih wisatawan akan datang. 

"Kami akan koordinasi dengan Satpol PP, Polres dan pihak terkait untuk pengawasan penerapan protokol kesehatan," ucapnya.‎

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Dispar Bantul Larang Aksi Terbangkan Wisatawan di Layangan Naga 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya