Susi Tak Jadi Menteri KKP, Nelayan Bantul Kehilangan 'Nyi Roro Kidul'

Nelayan tak kenal sosok Menteri KKP baru Edhy Prabowo‎

Bantul, IDN Times - Susi Pudjiastuti tidak ditunjuk kembali oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Dia digantikan oleh Wakil Ketua Partai Gerindra, Edhy Prabowo.

1. Nelayan nilai Susi Pudjiastuti masih layak menjadi Menteri KKP‎

Susi Tak Jadi Menteri KKP, Nelayan Bantul Kehilangan 'Nyi Roro Kidul'IDN Times/Istimewa

Tak ditunjuknya Susi Pudjiastuti membuat kecewa para nelayan di Kabupaten Bantul.  Dardi Nugroho salah satu nelayan di Pantai Depok, Kabupaten Bantul, menilai sosok perempuan asal Pangandaran itu masih layak untuk melanjutkan posisinya sebagai Menteri KKP.

"Tentu kalau ditanya nelayan pasti kecewa kalau ibu Susu tidak lagi menjadi Menteri KKP,"kata Dardi, Rabu (23/10).

2. Nelayan tak mengenal Menteri KKP pengganti Susi

Susi Tak Jadi Menteri KKP, Nelayan Bantul Kehilangan 'Nyi Roro Kidul'ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dardi Nugroho mengaku nelayan tidak mengenal Edhy Prabowo yang ditunjuk sebagai Menteri KKP yang baru.

"Saya pun tidak kenal dan tidak tahu jika media tidak membuat profil sosok dari Edhy Prabowo dan juga prestasinya," ujar Dardi.

Baca Juga: Gantikan Eks Menteri Susi Pudjiastuti, Ini Sosok Edhy Prabowo

3. Susi tak lagi jabat Menteri KKP ibarat nelayan tak dijaga Nyi Roro Kidul‎

Susi Tak Jadi Menteri KKP, Nelayan Bantul Kehilangan 'Nyi Roro Kidul'IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dardi menambahkan, kehilangan Susi yang sudah dianggap sebagai sosok ibu bagi nelayan, ibarat laut selatan Bantul yang tidak lagi dijaga oleh Ratu Kidul, Nyi Roro Kidul yang punya watak adil dan melindungi.

"Ya jelas kita kehilangan 'Nyi Roro Kidul' yang selalu melindungi nelayan dan juga memberikan rezeki kepada nelayan,"ungkapnya.

Meski mengaku kecewa namun Dardi masih berharap apa yang menjadi prestasi dari Susi Pudjiastuti tetap dilanjutkan oleh menteri KKP yang baru.

"Jangan sampai kata 'ditenggelamkan' langsung hilang. Berbagai kebijakan yang berpihak kepada nelayan (juga) jangan sampai dihilangkan," tuturnya.

4. Jika prestasi Menteri KKP yang baru tak bisa menyamai Susi, sebaiknya dicopot‎

Susi Tak Jadi Menteri KKP, Nelayan Bantul Kehilangan 'Nyi Roro Kidul'IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kekecewaan yang sama diungkapkan oleh Ketua Nelayan Pantai Samas, Sigit yang mengaku sangat kehilangan sosok ibu yang mampu melindungi nelayan, tampil apa adanya dan tidak seperti pejabat lainnya.

"Saya kira ibu Susi sosok yang tidak tergantikan bagi nelayan. Namun ini keputusan Presiden Jokowi sehingga nelayan hanya pasrah," ujarnya.

Sigit mengaku tak mengetahui siapa Edhy Prabowo sosok yang menggantikan Susi Pudjiastuti karena Edhy belum pernah berkunjung ke Bantul. Ia berharap, Edhy bisa sering terjun langsung meneruskan kebijakan yang berpihak kepada nelayan dan juga menyelamatkan sumberdaya laut dari illegal fishing.

"Kalau memang tidak bisa meneruskan prestasi dari ibu Susi ya sudah selayaknya Pak Jokowi menggantinya dengan pejabat baru," ungkapnya.‎

Baca Juga: Menteri Baru Kabinet Jokowi Diumumkan, Ini Daftar Lengkapnya

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya