Sultan Resmikan Jembatan dan Ruas Jalan Tawang-Ngalang di Gunungkidul

Turis akan lebih nyaman berwisata ke Gunungkidul

Gunungkidul, IDN Times - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, meresmikan jalan dan jembatan ruas Tawang - Ngalang Kabupaten Gunungkidul. Ruas jalan ini akan tersambung dengan exit Tol Bokoharjo, Sleman.

"Pembangunan jalan ini menjadi sesuatu yang strategis diwilayah utara. Karena ini nanti punya akses ke exit Tol Bokoharjo, Prambanan," kata Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, Kamis (18/1/2024).

1. Turis akan lebih nyaman berwisata ke Gunungkidul

Sultan Resmikan Jembatan dan Ruas Jalan Tawang-Ngalang di GunungkidulGubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan jalan dan jembatan ruas Tawang - Ngalang, Gunungkidul, Yogyakarta.(Dok.Diskominfo Gunungkidul)

Menurutnya, ruas jalan yang menghubungkan Gunungkidul dengan Sleman ini dapat mengurangi beban jalan di Piyungan- Gunungkidul. Sehingga kepadatan jalur utama dapat terurai

"Saya berharap turis-turis ini akan nyaman ketika berwisata ke Yogyakarta khususnya Ke Gunungkidul," paparnya.

2. Beberapa jalan dan jembatan diharapkan selesai tahun ini

Sultan Resmikan Jembatan dan Ruas Jalan Tawang-Ngalang di GunungkidulPembangunan Jembatan Pandansimo.(IDN Times/Daruwaskita)

Raja Keraton Yogyakarta ini juga menegaskan, saat ini ada beberapa pembangunan jalan yang dilaksanakan, di antaranya Kelok 23 dan Jembatan Pandansimo yang menghubungkan Bantul dan Kulon Progo. Infrastruktur ini diharapkan rampung tahun 2024.

"Yang di selatan itu menjadi suatu kawasan baru yang bisa ditumbuhkan dari produk pantai maupun yang lain karena kita tetap berasumsi Jogja menghadap ke selatan," papar Sultan.

Sultan juga berharap, Pemkab Gunungkidul dan Pemda DIY segera melakukan identifikasi ruas jalan Nglanggeran hingga Candi ijo. Identifikasi dilakukan untuk melihat jalur tersebut apakah layak digunakan untuk bus atau kendaraan besar lainnya.

"Akses menenuhi persyaratan tidak untuk wisata. Membahayakan tidak untuk bus kalau tidak memenuhi kita lebarkan, struktur jalan kita bangun kembali," tegas Sultan.

Baca Juga: Walhi Yogyakarta Soroti Pembangunan Resort di Gunungkidul

3. Biaya pembangunan ruas Jalan Tawang-Ngalang Rp269 miliar

Sultan Resmikan Jembatan dan Ruas Jalan Tawang-Ngalang di GunungkidulSekda DIY, Beny Suharsono. (Dok. Istimewa)

Sementara Sekda DIY, Beni Suharsono mengatakan, pembangunan jembatan dan ruas jalan ini adalah upaya pemerintah mengurangi kesenjangan antar wilayah, jalan penghubung antara Gunungkidul dan Sleman ini akan menjadi akses wisatawan.

"Jalan Tawang - Ngalang memiliki panjang 9,5 Kilometer. Melewati lima padukuhan dan tiga kapanewon. Pembangunan menggunakan dana keistimewaan yang menelan anggaran Rp 269 milyar.

4. Ruas Jalan Tawang-Ngalang akan munculkan spot ekonomi baru

Sultan Resmikan Jembatan dan Ruas Jalan Tawang-Ngalang di GunungkidulBupati Gunungkidul, Sunaryanta.(Dok.Diskominfo Gunungkidul))

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, pembangunan ruas jalan Tawang - Ngalang akan memuncul spot ekonomi baru, serta menjadi penggerak ekonomi yang berada di wilayah utara bagian barat.

"Terkolaborasi dan terintegrasi dengan Jogja, Sleman secara otomatis peningkatan ekonomi akan tercipta," paparnya. 
 

Baca Juga: Jumlah Wisatawan Berlibur ke Gunungkidul Naik 100 Persen

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya