Comscore Tracker

Seniman Yogyakarta Berbicara tentang Kemerdekaan. Ini Artinya

Pemerintah dinilai sudah peduli kepada seniman

Bantul, IDN Times - Sejumlah seniman di Yogyakarta menggelar upacara bendera memperingati HUT Ke 74 Kemerdekaan RI di Kampung Edukasi, Watulumbung, Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Sabtu (17/8).

Lalu apa makna kemerdekaan bagi seniman yang sengaja memilih merayakan HUT Kemerdekaan jauh di pelosok dusun dan di kawasan perbukitan Pantai Parangtritis, Bantul tersebut?

Ini Makna Kemerdekaan Bagi Yani Sapto Hudoyo dan Pematung Yusman

1. Seniman saat ini bisa berkarya dengan bebas untuk mengharumkan bangsa Indonesia‎

Seniman Yogyakarta Berbicara tentang Kemerdekaan. Ini ArtinyaIDN Times/Daruwaskita

Seniman sekaligus pemilik Art Gallery Sapto Hudoyo, Yani Sapto Hudoyo yang juga turut mengikuti upacara mengatakan para seniman saat ini bisa berkarya lebih leluasa dan berekspresi apa pun untuk bangsa Indonesia.

"Bagi seniman ruang berekspresi sangat dibuka luas dan menjadi tantangan bagi seniman untuk mengisi kemerdekaan ini dengan karya-karya yang bisa mengharuskan bangsa Indonesia," tuturnya, Sabtu (17/8).

Baca Juga: Upacara di Tempat Pembuangan Sampah, ini Arti Merdeka bagi Pemulung

2. Seniman Yogyakarta diberi tempat gratis untuk pamerkan karya terbaiknya‎

Seniman Yogyakarta Berbicara tentang Kemerdekaan. Ini ArtinyaIDN Times/Daruwaskita

Mantan caleg DPR RI dari PKB daerah pemilihan DI Yogyakarta ini mengaku keberpihakan pemerintah kepada seniman di Indonesia khususnya di Yogyakarta sangat tinggi. Salah satu contohnya pemerintah membuat museum di kompleks Makam Seniman Imogiri.

"Di Taman Budaya seniman bisa memamerkan karyanya secara gratis, tempat sudah disiapkan. Kita sangat sayang jika seniman tidak berkarya menghasilkan karya yang luar biasa dan seniman harus lebih terkenal dan bebas karena semua ruang dibuka semuanya oleh pemerintah," katanya.

3. Kemerdekaan harus diisi dengan keahlian masing-masing dan niscaya bangsa Indonesia akan maju‎

Seniman Yogyakarta Berbicara tentang Kemerdekaan. Ini ArtinyaIDN Times/Daruwaskita

Seniman Patung, Yusman yang juga turut dalam upacara menambahkan makna kemerdekaan bagi dirinya sangat dalam sekali. Setiap tanggal 17 Agustus dirinya selalu ingat jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwanya, sehingga kemerdekaan ini harus diisi dengan keahlian masing-masing.

"Seniman juga bisa berkarya di bidangnya, bagi wartawan juga akan berkarya di bidangnya, politikus silakan berjalan dan diletakkan pada tempatnya masing-masing maka Indonesia akan maju," ucapnya.

4. Seniman bisa hidup dimanapun berada

Seniman Yogyakarta Berbicara tentang Kemerdekaan. Ini ArtinyaIDN Times/Daruwaskita

Yusman menjelaskan seniman sudah sejak dahulu berkarya tak hanya sesudah kemerdekaan semata..

"Justru seniman diberi keahlian luar biasa dari Tuhan karena orang umum belum tentu bisa seperti seniman. Ditempatkan dimana saja seniman bisa hidup," ujarnya.‎

Baca Juga: Unik, Semua Petugas dan Peserta Upacara Bernama Agus

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya