Selama 2 Hari, Densus Geledah 3 Rumah Terduga Teroris di Bantul

Sejumlah buku hingga kamera disita

Bantul, IDN Times - Densus 88 Antiteror Mabes Polri kembali melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris berinisial DK (38) warga Padukuhan Jotawang, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Bantul pada Sabtu (3/4/2021).

Ketua RT 08, Padukuhan Jotawang Handoyo mengatakan penggeledahan yang dilakukan Densus 88 Antiteror berlangsung selama empat jam hingga pukul 16.00 WIB.

Baca Juga: Geledah Rumah Terduga Teroris di Bantul, Densus 88 Temukan Peluru 

1. Barang diamankan dalam kantong plastik besar

Selama 2 Hari, Densus Geledah 3 Rumah Terduga Teroris di BantulRumah terduga teroris di Jotawang Bangunharjo(cat warna kuning) digeledah oleh Densus 88 Antiteror

Handoyo mengaku sejumlah barang yang dibawa dari rumah terduga teroris di antaranya buku, rompi, HT, gawai, flash disk, kepingan compact disc (CD) hingga kamera digital.

"Barang-barang dimasukkan dalam tiga kantong plastik besar. Paling banyak buku. Kalau bahan peledak dan senjata tidak ada," ujarnya.

Handoko mengatakan saat di lokasi, istri DK sangat kooperatif menjawab pertanyaan dari petugas.

"Istri DK selalu menjawab ketika aparat menanyakan sejumlah barang di rumahnya," ucapnya.

 

2. Sebelum rumah digeledah, DK sudah ditangkap Densus

Selama 2 Hari, Densus Geledah 3 Rumah Terduga Teroris di BantulIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu Kepala Padukuhan Jotawang, Arintoko mengatakan terduga teroris DK sudah ditangkap oleh Densus 88 Antiteror beberapa hari yang lalu saat perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta.

"Jadi yang ada di rumah saat ini hanyalah istri dari terduga teroris DK," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Menurutnya sejak pagi banyak petugas yang datang ke rumah terduga teroris DK, namun proses penggeledahan baru berlangsung siang hari.

"Tadi pagi kebetulan saya sedang olah raga sepeda sehingga yang diminta menjadi saksi penggeledahan adalah Pak RT," ujarnya.

3. Terduga teroris dan istri berhubungan baik dengan warga

Selama 2 Hari, Densus Geledah 3 Rumah Terduga Teroris di BantulIlustrasi

Terduga teroris DK dan istrinya dalam kehidupan sehari-hari cukup baik dengan warga. Bahkan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Namun warga tidak mengetahui pekerjaan DK.  Tapi istrinya bekerja membuat roti yang diberi nama Dapur Afifah. 

"Jadi pekerjaan resminya apa saya kurang tahu namun jika pulang sering membawa pulang mobil ambulans. kegiatan sosial antar kota bahkan antar pulau di Indonesia sehingga sebulan hanya pulang sekali atau dua kali saja," tuturnya.

 

4. Terduga teroris DK dan istrinya SF bukan warga asli

Selama 2 Hari, Densus Geledah 3 Rumah Terduga Teroris di BantulLurah Bangunharjo Yuni Ardi Wibowo melakukan penyemprotan disinvektan secara mandiri di sejumlah ruangan Kalurahan Bangunharjo. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Lurah Bangunharjo, Yuni Ardi Wibowo membenarkan adanya penggeledahan di salah satu rumah warga di Padukuhan Jotawang. Menururtnya DK dan istrinya, SF sudah menjadi warga Padukuhan Jotawang, Kalurahan Bangunharjo. DK sendiri aslinya merupakan warga Pemalang, Jawa Tengah dan SF berasal dari Gorontola, Sulawesi.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya