Satu Pasien ODP Covid-19 yang Dirawat di RSUD Bantul Diizinkan Pulang

Tersisa seorang PDP Covid-19 di RSUD Bantul

Bantul, IDN Times - ‎Seorang lagi pasien dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 diizinkan untuk pulang setelah menjalani perawatan hampir 1 pekan di ruang isolasi RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Baca Juga: RSUD Wates Kulon Progo Rawat 5 Pasien dengan Gejala Mirip Covid-19

1. Pasien diizinkan pulang pada 9 Maret 2020‎

Satu Pasien ODP Covid-19 yang Dirawat di RSUD Bantul Diizinkan PulangSimulasi penyakit menular yang dilakukan oleh RSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Kepala Sub Bagian Hukum Pemasaran dan Kemitraan sekaligus Kepala Humas RSUD Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayuningsih mengatakan pasien ODP yang diizinkan pulang tersebut mempunyai riwayat usai pulang ibadah umrah, pasien yang bersangkutan mengalami gejala mengarah ke Covid-19 dan datang memeriksakan diri ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Panembahan Senopati Bantul pada Rabu malam (4/3).

"Setelah menjalani perawatan di ruang isolasi sejak tanggal (4/3) maka pasien ODP tersebut diizinkan pulang pada tanggal (9/3)," katanya, Rabu (11/3).

2. RSUD Bantul masih merawat satu pasien PDP Covid-19‎

Satu Pasien ODP Covid-19 yang Dirawat di RSUD Bantul Diizinkan PulangRuang isolasi RSUD Panembahan Senopati Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Meski diperbolehkan pulang, pasien harus tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, menggunakan masker dan menjaga kontak dengan orang lain atau mengisolasi diri dalam rumah.

"Pasien harus menggunakan masker, membatasi kontak dengan orang lain selama beristirahat di rumah,"ungkapnya.

Dengan diizinkannya 1 pasien ODP pulang dari RSUD Panembangan Senopati maka RSUD tinggal merawat satu pasien mengarah ke Covid-19 dengan status Pasien Dalam Pengawasan karena pada tanggal (7/3) seorang pasien ODP Covid-19 juga sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

"Jadi awalnya kita merawat 3 pasien dengan gejala Covid-19 dengan status 2 pasien ODP dan 1 pasien PDP. Kini hanya 1 pasien dengan status PDP. Sedangkan 2 pasien dengan status ODP sudah diizinkan pulang," katanya.

"Untuk pengambilan swap kepada pasien dengan status PDP hingga saat ini masih menunggu hasil dari Litbangkes Kemenkes RI," ujarnya lagi.

3. Masyarakat mulai memanfaatkan Hotline Covid-19 dan Posko Screening Covid-19‎

Satu Pasien ODP Covid-19 yang Dirawat di RSUD Bantul Diizinkan PulangIlustrasi ruang perawatan IGD. IDN Times/Daruwaskita

Terkait dengan pembukaan posko screening Covid-19 di RSUD Panembahan Senopati Bantul sejak hari Senin (9/3) yang lalu, hingga saat ini sudah 2 pasien yang memanfaatkan posko screening Covid-19. Kedua pasien yang memeriksakan diri itu dirujuk ke IGD RSUD Panembahan Senopati Bantul.

"Untuk Hotilne Covid-19 RSUD Panembahan Senopati Bantul di nomor 0811-2777-507 sudah mulai banyak warga yang memanfaatkan untuk bertanya terkait Covid-19," katanya.‎

Baca Juga: RS Sardjito Terima Pasien Balita Pengawasan Covid-19

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya