Ribuan Wisatawan Lakukan Tradisi Padusan di Parangtritis

Wisatawan tak taati prokes tak pakai masker saat mandi  

Bantul, IDN Times - Ribuan wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Bantul untuk melakukan tradisi padusan yang dilakukan satu hari jelang Ramadan. Koordinator Tempat Pemungutan Retriusi (TPR) Parangtritis, Rokhmad Ridwanto menyatakan hingga Senin (12/4/2021) sore, wisatawan yang mengunjungi kawasan Parangtritis mencapai ribuan orang. 

"Hingga pukul 16.00 WIB ada 3.800 wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis dan kemungkinan akan bertambah hingga pukul 17.00 WIB," katanya, Senin (12/4/2021).

 

 

Baca Juga: Selama Puasa, Minimarket Berjejaring di Sleman Buka Mulai Pukul 02.00 WIB

1. Kunjungan hari ini tak semeriah liburan mingguan

Ribuan Wisatawan Lakukan Tradisi Padusan di ParangtritisTPR Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Walaupun mencapai 3.800 wisatawan, kunjungan saat tradisi padusan hari ini diakui tidak melebihi saat libur pada Minggu (11/4/2021) yang mencapai 19 ribu wisatawan. 

"Jadi kunjungan wisatawan saat padusan masih kalah dengan jumlah wisatawan pada Sabtu (10/4/2021) yang mencapai 10 ribu dan Minggu (11/4/2021)," tuturnya.

 

2. Mandi di laut, wisatawan tak pakai masker

Ribuan Wisatawan Lakukan Tradisi Padusan di ParangtritisKoordinator Sar Satlinmas Wilayah III Bantul Ali Jaka Sutanta. IDN Times/Daruwaskita

Koordinator Sar Satlinmas Wilayah III, Bantul, Ali Jaka Sutanta mengatakan pelaksanaan tradisi padusan berjalan lancar meski pelaksanaan prokes khususnya menggunakan masker tidak bisa diterapkan.

"Kita sudah ingatkan untuk jaga prokes namun karena namanya mandi di laut ya tidak pakai masker," ujarnya.

3. Pemkab Bantul keluarkan aturan padusan

Ribuan Wisatawan Lakukan Tradisi Padusan di ParangtritisBupati Bantul, Abdul Halim Muslih (kiri). IDN Times/Daruwaskita

Sementara Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan pihaknya tidak melarang adanya tradisi padusan. Namun masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan.

"Boleh, tidak ada larangan (padusan) tapi harus tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Pemkab Bantul menyatakan aturan padusan di kolam renang jumlah pesertanya sudah dibatasi. "Untuk pembatasan jumlah maksimal 25 orang," ujarnya.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya