Ribuan Calon Mahasiswa Asing Tertarik Kuliah di UMY

Mahasiswa asing yang mendaftar ke UMY terus meningkat

Bantul, IDN Times - Sebanyak 4.807 calon mahasiswa yang berasal dari 97 negara  mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru Gelombang 1 tahun ajaran 2024/2025 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

1. UMY punya reputasi tingkat internasional

Ribuan Calon Mahasiswa Asing Tertarik Kuliah di UMYIlustrasi mahasiswa asing yang mendaftar ke UMY.(Dok.Humas UMY)

Wakil Rektor UMY Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, Faris Al-Fadhat mengatakan tingginya minat para calon mahasiswa dari luar negeri ini menjadi capaian yang signifikan bagi UMY. Karena tidak hanya sebagai bukti dari komitmen UMY, tetapi juga bukti dari meningkatnya reputasi UMY di kancah internasional.

"Komitmen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam menyediakan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas dan mengutamakan keunggulan akademis semakin menarik minat mahasiswa dari berbagai penjuru dunia," katanya, Sabtu (6/1/2024).

2. Asal usul negara mahasiswa asing yang mendaftar ke UMY

Ribuan Calon Mahasiswa Asing Tertarik Kuliah di UMYIlustrasi mahasiswa asing yang mendaftar ke UMY.(Dok.Humas UMY)

Menurutnya terdapat peningkatan dalam jumlah pendaftar mahasiswa internasional setiap tahunnya. Jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, pendaftar mahasiswa internasional di UMY memang meningkat tajam. Di tahun 2022, terdapat 1.473 mahasiswa internasional yang berasal dari 61 negara, dan meningkat di tahun 2023 menjadi 3.739 mahasiswa internasional dari 87 negara.

"Hingga di tahun 2024 di mana UMY masih membuka pendaftaran untuk Gelombang 1, pendaftar telah mencapai 4.807 mahasiswa internasional,” ucapnya.

Ia menambahkan terdapat penambahan jumlah negara asal dari para calon mahasiswa internasional UMY. Beberapa di antaranya adalah dari kawasan Asia Tenggara seperti Kamboja dan Laos, kawasan Amerika seperti Argentina, Honduras, Kosta Rika, Ekuador, dan Republik Dominika, serta kawasan Eropa yaitu Republik Ceko.

Menurut Faris, negara asal dari para pendaftar pun terbilang cukup variatif dengan adanya negara lain seperti Kazakhstan, Filipina, Sudan, Turki, Rusia, Jepang, dan Yaman.

Ketercapaian ini juga didukung oleh langkah UMY yang memberikan banyak peluang dan kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk berkuliah di UMY, salah satunya melalui agenda Roadshow Internasional ke Filipina pada Desember 2023 lalu.

"Hal ini dilakukan sebagai upaya menjalin kerja sama antar institusi internasional, memperluas jaringan internasional dan bentuk keseriusan UMY dalam menarik minat mahasiswa internasional," ujarnya.

Baca Juga: PSHW UMY Minta Asprov PSSI DIY Investigasi Wasit Final Liga 3

3. Program yang paling diminati mahasiswa asing di UMY

Ribuan Calon Mahasiswa Asing Tertarik Kuliah di UMYMahasiswa baru UMY ikuti pembukaan masa taaruf di Sportorium UMY. (IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Biro Admisi UMY, Dr. Imam Suprabowo mengatakan pembaharuan sistem portal pendaftaran juga merupakan salah satu langkah konkret UMY untuk memudahkan calon pendaftar selama proses pendaftaran. Menurutnya, ini juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan jumlah peminat dari negara lain.

“Dari 4.807 mahasiswa internasional yang mendaftar di UMY, terdapat beberapa program studi yang paling diminati, di antaranya adalah Teknologi Informasi, Keperawatan, Manajemen, dan Hubungan Internasional dengan lebih dari 150 pendaftar. Meskipun begitu, rata-rata seluruh program studi UMY pun tetap diminati oleh mahasiswa internasional,” ungkap Imam.

Baca Juga: Hari Kesehatan Mental Dunia, Ini yang Dilakukan UMY

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya