Ratusan Personel SAR Siap Amankan Padusan di Pansela Bantul

Wisatawan diminta tidak mandi pada daerah yang ada palungnya

Intinya Sih...

  • Ratusan personel SAR siap amankan tradisi padusan di Pantai Selatan Bantul.
  • Area pantai berpalung diberi peringatan, wisatawan diminta tidak mandi di lokasi tersebut.
  • Petugas akan disebar di Pantai Goa Cemara dan Pantai Baru, imbauan patuhilah untuk keselamatan bersama.

Bantul, IDN Times - Ratusan personel SAR Satlinmas Kabupaten Bantul dibantu jajaran kepolisian, TNI AD, TNI AL dan potensi SAR lainnya siap mengamankan jalannya tradisi padusan di sepanjang pantai selatan (Pansela) Kabupaten Bantul pada Minggu (10/3/2024).

1. SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul kerahkan seluruh personel

Ratusan Personel SAR Siap Amankan Padusan di Pansela BantulILUSTRASI Tim SAR. (Dok. SAR Surabaya)

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul yang meliputi Pantai Samas hingga Pantai Pandansimo, Nugroho, mengatakan pihaknya mengerahkan seluruh personel SAR yang berjumlah 30 orang. Mereka mengamankan pelaksanaan padusan di wilayah pantai barat Kabupaten Bantul.

"Personel akan kita sebar mulai dari Pantai Samas, Pandansari, Goa Cemara, Cangkring, Kuwaru hingga Pantai Baru. Personel SAR dalam bertugas akan di Bantul personel dari Polri, TNI A, TNI AL hingga potensi SAR lainnya," ujarnya, Minggu (10/3/2024).

2. Pasang rambu-rambu pada pantai yang terdapat palungnya

Ratusan Personel SAR Siap Amankan Padusan di Pansela Bantulilustrasi gelombang laut (pexels.com/Виктор Соломоник)

Menurut Nugroho, sejumlah area pantai yang terdapat palung sudah diberi rambu tanda peringatan daerah berbahaya dan dilarang keras untuk mandi di lokasi tersebut. Petugas SAR nantinya juga akan ditempatkan pada daerah yang terdapat palungnya.

"Untuk kondisi gelombang saat mencapai satu hingga dua meter namun diperkirakan menjelang sore nanti gelombang akan landai atau gelombang surut," ucapnya.

Lebih lanjut, Nugroho mengatakan pantai yang berpotensi diserbu wisatawan untuk melakukan tradisi padusan di antaranya Pantai Goa Cemara dan Pantai Baru yang selama ini juga menjadi pantai paling banyak dikunjungi wisatawan.

"Kami menghimbau jika melaksanakan tradisi padusan di laut, patuhilah imbauan dari petugas SAR yang ada di lapangan demi keselamatan bersama," tandasnya.

Baca Juga: 5 Tempat Favorit di Jogja untuk Tradisi Padusan Jelang Ramadan

3. 69 personel SAR Satlinmas Wilayah III Bantul siap amankan tradisi padusan

Ratusan Personel SAR Siap Amankan Padusan di Pansela BantulIlustrasi wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Bantul. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.)

Sementara itu, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Bantul, Muhammad Arief Nugraha, mengatakan pihaknya menerjunkan 69 personel SAR yang akan bertugas di sepanjang Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok. Selain itu, pihaknya juga dibantu oleh petugas dari Polri, TNI, serta potensi SAR lainnya.

"Jumlah wisatawan yang akan melaksanakan tradisi padusan dimungkinkan akan bertambah. Sebab pada Senin (11/3/2024) merupakan hari libur sehingga libur akhir pekan ini cukup panjang," ujarnya.

Inu, sapaan akrab Muhamad Arief Nugraha, mengaku susah untuk melarang wisatawan untuk mandi di laut apalagi bersamaan dengan tradisi padusan. Pihaknya pun mengimbau jika ingin mandi di laut tidak di lokasi yang terdapat palungnya. Petugas akan memasang rambu-rambu bahaya palung dan akan menempatkan personel SAR di lokasi tersebut.

"Harapan kita wisatawan mematuhi imbauan dari petugas SAR sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi," tuturnya.

Baca Juga: Hujan Lebat Disertai Angin di Bantul, Pohon Tumbang hingga Atap Kabur

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya