Ramadan, Ruas Jalan Lintas Selatan Dipadati Untuk Ngabuburit

Jumlah wisatawan di pantai berkurang drastis‎

Bantul, IDN Times - Ruas Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Pulau Jawa terutama ayang terletak dekat Pantai Parangtritis hingga jalan Pantai Depok menjaid tempat baru anak muda untuk menunggu buka puasa tiba. 

Dari pantauan IDN Times, di ruas JJLS tersebut khusunya tak jauh dari menara pandang yang sengaja dibuat masyarakat untuk berswafoto digunakan anak muda untuk bersantai menunggu saatnya berbuka puasa.

Terkadang mereka juga melakukan aktivitas untuk melakukan swafoto bersama. Sedangkan tak jauh dari menara pandang disisi barat yang terdapat jembatan juga digunakan untuk pengambilan berswafoto dengan latar belakang manara pandang.

"Memang saat ini JJLS antara jalan Parangtritis hingga Pantai Depok digunakan untuk ngabuburit saat bulan Ramadan,"kata Dardi Nugroho, warga Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (12/5).

1. Mulai ramai sejak diunggah di media sosial‎

Ramadan, Ruas Jalan Lintas Selatan Dipadati Untuk NgabuburitIDN Times/Daruwaskita

‎Dardi yang juga pemilik rumah makan seafood Salsabila di Pantai Depok ini mengatakan anak muda yang suka ngabuburit tak hanya dari wilayah sekitar Depok namun juga berasal dari luar daerah yang sengaja ingin ngabuburit di JJLS untuk pertama kalinya.

"Kan saat ini banyak foto-foto yang beredar di media sosial dan banyak yang penasaran dan datang ke JJLS untuk sekedar swafoto,"ungkapnya.‎

Baca Juga: 5 Tempat Sahur Paling Asyik di Yogyakarta, Biar Kamu Semangat Puasa

2. Wisatawan turun drastis‎

Ramadan, Ruas Jalan Lintas Selatan Dipadati Untuk NgabuburitIDN Times/Daruwaskita

Meski sejumlah titik di kawasan Pantai Parangtritis dan sekitarnya digunakan untuk ngabuburit namun demikian tak berdampak pada jumlah kunjungan wisata di Pantai Depok dan Pantai Parangtritis. Dari data di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) tiket masuk pantai Parangtritis dari pagi hingga sore hanya 4000 ribu wisatawan yang datang. Sedangkan di TPR pantai Depok hanya terdapat sekitar 400 wisatawan yang datang.

"Turun drastis wisatawannya, jika pada libur akhir pekan bisa mencapai di atas 10 ribu namun saat Ramadan mendapatkan 4000 wisatawan sudah sangat bagus,"kata salah satu petugas TPR pantai Parangtritis, Heri. 

3. Wisatawan datang saat sore hari‎

Ramadan, Ruas Jalan Lintas Selatan Dipadati Untuk NgabuburitIDN Times/Daruwaskita

Wisatawan yang datang biasanya juga saat sore hari menjelang berbuka puasa. Biasanya wisatawan yang datang adalah keluarga atau rombongan anak muda yang ingin ngabuburit di pantai atau di kawasan gumuk pasir.

"Tapi ya jumlah sangat jauh berkurang dibandingkan hari biasanya,"tuturnya.

Baca Juga: Ini Lho 2 Hotel Ramah Lingkungan di Yogyakarta. Keren!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya