Comscore Tracker

Ragam Kemeriahan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Bantul

Ada penghormartan bendera Merah Putih di atas mobil taktis

Bantul, IDN Times - ‎Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia disambut dengan sukacita. Beragam cara dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77. 

Lalu, seperti apa kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 yang digelar oleh berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Bantul? Berikut beberapa momen yang ditangkap oleh IDN Times.

1. Warga Jodog RT 05, Gilangharjo, Pandak, sajikan 77 ingkung pada malam tirakatan

Ragam Kemeriahan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di BantulWarga Padukuhan Jodog RT 05, Gilangharjo, Pandak, Bantul, siapkan menu 77 ingkung pada malam tirakatan, Selasa (16/8/2022). (IDN Times/Daruwaskita)

Ratusan warga Padukuhan Jodog RT 05, Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul, dengan pakaian warna merah, putih, dan hitam menggelar malam tirakatan pada 16 Agustus 2022. Uniknya, warga menyajikan menu 77 ingkung ayam sesuai dengan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Pada puncak acara, dilakukan 'kembul bojono' atau makan bersama warga RT 05 Jodog bersama dengan para tamu undangan.

"Ini sebagai wujud syukur dan juga wujud gotong royong warga untuk merayakan dan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77," kata Lurah Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul, Selasa (16/8/2022) malam.

Baca Juga: Malam Tirakatan di Bantul, Warga Sajikan Menu 77 Ingkung

2. Petani lahan pasir di kawasan Pantai Samas menggelar Upacara HUT Kemerdekaan RI dengan busana khas petani

Ragam Kemeriahan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di BantulRatusan petani lahan pasir di kawasan Pantai Samas gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI dengan busana petani.(Dok.Istimewa)

Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, ratusan petani di kawasan pesisir Pantai Samas, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI di halaman Pos Angkatan Laut (Posal) Pantai Samas.

Peserta upacara menggunakan pakaian ala petani termasuk caping. Peserta upacara juga membawa sejumlah alat pertanian mulai dari cangkul, alat semprot, hingga pompa air yang sehari-sehari digunakan bekerja di ladang.

"Dua tahun pandemi kita tidak bisa melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI. Tahun ini kita bisa merayakan dengan meriah sehingga warga berinisiatif menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77 ini ala petani lahan pasir," kata salah satu petani lahan pasir Pantai Samas, Sancoko, Rabu (7/8/2022).

3. Warga Padukuhan Sorogen menggelar upacara memakai bahasa Jawa‎

Ragam Kemeriahan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di BantulWarga Padukuhan Sorogen, Timbulharjo, Sewon, menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77. (IDN Times/Daruwaskita)

Masih di Kabupaten Bantul tepatnya di Padukuhan Sorogenen, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, warga juga menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 secara unik. Peserta upacara mengenakan pakaian adat Jawa hingga kostum prajurit Keraton.

Tak hanya itu, dalam pelaksanaan upacara bendera warga juga menggunakan bahasa Jawa saat memberi aba-aba kepada peserta upacara bendera. 

"Sebenarnya upacara HUT Kemerdekaan RI di Sorogonen sudah rutin dilakukan tahunan dan selalu mengusung tema yang berbeda. Nah, untuk tahun ini mengusung tema dengan pakaian Jawa dan kostum prajurit keraton serta menggunakan bahasa Jawa," kata Ketua Pemuda Padukuhan Sorogenen, Yusuf Setiawan, Rabu (17/8/2022).

4. Sat Brimob Polda DIY hormat bendera di Simpang Empat Gondowulung‎

Ragam Kemeriahan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di BantulPersonel Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda DIY menggelar penghormatan kepada bendera merah putih tepat di Simpang Empat Gondowulung.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, personel Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda DIY menggelar penghormatan kepada bendera Merah Putih tepat di Simpang Empat Gondowulung yang berlangsung pada pukul 10.00 WIB.

Seorang personel Brimob menaiki kendaraan taktis Brimob Polda DIY dengan membawa bendera Merah Putih. Para pengguna jalan diminta berhenti dan turun dari kendaraan serta memberikan penghormatan kepada bendara Merah Putih bersamaan dengan itu dikumadangkan lagu Indonesia Raya melalui pengeras suara.

"Ini adalah bentuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, kita mengajak masyarakat untuk memberikan penghormatan kepada bendera Merah Putih," kata Pasi Ops Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda DIY, AKP Tri Jaka, Rabu (17/8/2022).

"Sudah ketiga kalinya kita menggunakan kendaraan taktik dalam pengibaran bendera merah putih. Kegiatan ini pun akan terus dilakukan di tahun-tahun yang akan datang," imbuhnya.‎

Baca Juga: Unik, Pusaka Batik Merah Putih 77 Meter dari Kulon Progo

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya