Pertengahan 2024, Target PAD Pariwisata Bantul Baru Capai 41,9 Persen

Bantul dikunjungi 1,6 juta wisatawan hingga Agustus 2024

Bantul, IDN Times - Sebanyak 1,6 juta wisatawan berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Bantul selama bulan Januari hingga Agustus 2024. Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mencatat wisatawan itu memberikan pemasukan pendapatan asli daerah atau PAD mencapai Rp20 miliar.

 

1. Target PAD 2024 sektor pariwisata mencapai Rp49 miliar

Pertengahan 2024, Target PAD Pariwisata Bantul Baru Capai 41,9 PersenIlustrasi wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Subkoordinator Kelompok Subtansi Promosi Kepariwisataan Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji mengatakan target PAD dari sektor wisata yang dibebankan oleh DPRD Bantul tahun 2024 ini mencapai Rp49 miliar. Dengan pencapaian PAD sebesar Rp20 miliar hingga bulan Agustus ini baru tercapai target sekitar 41,9 persen.

"Kita masih punya waktu lima bulan untuk mencapai kekurangan target tersebut namun demikian sulit rasanya target PAD 2024 sebesar Rp49 miliar dapat terealisasi," ucapnya, Senin (9/9/2024).

2. Festival lampion dongkrak kunjungan wisatawan

Pertengahan 2024, Target PAD Pariwisata Bantul Baru Capai 41,9 Persenilustrasi tips mengunjungi festival lampion jogja (unsplash.com/@jennyle14)

Meski sulit tercapai target PAD sektor pariwisata sebesar Rp49 miliar, Dinas Pariwisata terus berupaya agar kunjungan wisatawan selama lima bulan sisa bisa maksimal. Caranya dengan menggelar berbagai event wisatawan seperti festival lampion yang telah berlangsung pada Sabtu (7/9/2024) malam kemarin yang mampu mendongkrak kunjungan wisatawan mencapai 10.571 orang.

"Festival lampion mampu mendongkrak kunjungan wisatawan saat akhir pekan khususnya hari Sabtu yang biasanya di kisaran lima ribu hingga enam ribu menjadi 20 ribu wisatawan," ucapnya.

Baca Juga: Desa Wisata Krebet Bantul, Tempat Belajar Membatik Kayu

3. Akhir pekan ini ada event Simponi Gumuk Pasir di Laguna View Pantai Depok

Pertengahan 2024, Target PAD Pariwisata Bantul Baru Capai 41,9 Persenilustrasi menonton konser musik (pexels.com/Vishnu R Nair)

Pria yang disapa akrab Ipung ini menjelaskan selama bulan Agustus 2024 sendiri jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bantul mencapai 144.422 orang dengan pemasukan PAD mencapai Rp2 miliar.

"Harapan kita di bulan September ini ada peningkatan jumlah wisatawan sebab ada event festival lampion dan pada akhir pekan ini ada Simponi Gumuk Pasir yang berlokasi Laguna View Depok," katanya.

 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Soto di Imogiri Bantul, Cocok buat Sarapan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya