Comscore Tracker

Peringati HUT Kemerdekaan, SAR DIY Gelar Upacara di Tengah Laut Baron‎

Wisatawan boleh ikuti upacara bendera yang digelar tim SAR

Gunungkidul, IDN Times - ‎Tradisi memperingati detik-detik proklamasi HUT Kemerdekaan RI dengan menggelar upacara bendera di tengah laut Baron, Kabupaten Gunungkidul akan digelar pada upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 77. Tradisi ini sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemik.

"Upacara detik-detik peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2022 pada pukul 10.00 WIB," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II, Gunungkidul, Marjono, Rabu (10/8/2022).

1. SAR Satlinmas masing-masing wilayah kirim 20 anggota ikuti upacara bendera

Peringati HUT Kemerdekaan, SAR DIY Gelar Upacara di Tengah Laut Baron‎Tim SAR melakukan pencarian di sekitar lokasi korban terpeleset dari tebing dan jatuh ke laut. (dok. SAR Satlinmas Wilayah I, Gunungkidul)

Marjono memaparkan saat upacara, terdapat satu orang pembawa bendera merah putih didampingi dua orang pengibar berenang ke tengah laut. Sedangkan peserta upacara akan diikuti oleh seluruh anggota SAR Satlinmas DIY, masing-masing wilayah akan mengirimkan perwakilan 20 orang.

"Nanti yang berenang tiga orang merupakan pasukan pengibar, 17 orang di belakangnya dan 45 orang akan menyusul," ungkapnya.

2. Wisatawan boleh ikuti upacara bendera yang digelar tim SAR

Peringati HUT Kemerdekaan, SAR DIY Gelar Upacara di Tengah Laut Baron‎Pantai Baron (instagram.com/febriyantiwulan)

Marjono menjelaskan wisatawan boleh mengikuti upacara bendara dengan syarat harus membawa pelampung, kondisi sehat dan yang paling utama bisa berenang. "Yang utama bisa berenang," ucapnya.

Sementara untuk keamanan pihaknya menyiapkan empat perahu dan jestsky dari SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul. Selain itu 40 perahu nelayan akan berjaga di sekitar lokasi upacara.

"Kita ingin memastikan upacara bendera berjalan lancar dan aman," ungkapnya.

Baca Juga: Wisata Pantai Baron Gunung Kidul: Rute, Harga Tiket dan Keindahannya

3. Berharap jadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Pantai Baron‎

Peringati HUT Kemerdekaan, SAR DIY Gelar Upacara di Tengah Laut Baron‎Pantai Baron, Pantai di Gunungkidul (piknikwisata.com)

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Gunungkidul, M Arif Aldian mengatakan pihaknya menyambut baik rencana upacara bendera di tengah laut Baron untuk memperingati detik-detik proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke 77.

"Kita berharap agenda yang unik ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Baron," ungkapnya.‎

Baca Juga: 10 Lomba Unik 17 Agustus untuk Orang Dewasa, Seru dan Menghibur!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya