Perbuatan Amien Rais Bukan Tanggung Jawab UGM 

UGM Kirimkan Pesan Damai Pasca Rusuh 22 Mei

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) mengirimkan pesan damai dan menyerukan agar para elite politik dan seluruh elemen bangsa untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa. Seruan itu diutarakan UGM terkait dengan aksi massa yang berakhir rusuh pada 21-22 Mei lalu.

Kami para dosen UGM menyerukan kepada para pihak, baik para elite politik dan elemen masyarakat, untuk kembali mengedepankan amanat Proklamasi 17 Agustus 1945. Marilah kembali ke nilai-nilai kejujuran, integritas dan tidak menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan,” kata Rektor UGM, Panut Mulyono, saat menyampaikan deklarasi pesan persatuan dan perdamaian di Balairung, Gedung Pusat UGM, Jumat (24/5).

Baca Juga: Pukat UGM Desak Jokowi Pecat 3 Menteri yang Diduga Korupsi

1. Jauhkan Sikap Anarkis

Perbuatan Amien Rais Bukan Tanggung Jawab UGM Humas UGM

Sementara itu, dekan Fakultas Hukum, Sigit Riyanto, menyayangkan adanya aksi massa yang harus berakhir rusuh 

“Saya kira ada upaya untuk mengganggu ketertiban dan upaya melakukan pelanggaran hukum yang sangat meresahkan,” katanya.

Pernyataan sama juga disampaikan Ketua Dewan Guru Besar UGM, Koentjoro, dia menilai kerusuhan yang terjadi pada aksi massa di ibu kota dan di beberapa daerah disebabkan akibat dampak penyebaran berita bohong di media sosial.

“Informasi beredar dengan cepat kadang memunculkan pemahaman yang salah, diserap dan dimaknai secara berbeda,” katanya.

2. Amien Rais Bukan Lagi Guru Besar UGM

Perbuatan Amien Rais Bukan Tanggung Jawab UGM IDN Times/Yogie Fadila

Ketika wartawan bertanya tentang sepak terjang Amien Rais yang getol meneriakkan kecurangan KPU dan people power, Ketua Dewan Guru Besar UGM, Koentjoro, menyatakan bahwa saat ini Amien Rais tidak lagi menjabat sebagai guru besar UGM. Guru besar menurutnya adalah jabatan akademik sehingga ketika pensiun maka jabatan sebagai guru besar juga hilang.

"Jadi UGM tidak punya tanggung jawab apa-apa terhadap apa yang dikerjakan oleh beliau.Kalau pensiun maka jabatan guru besar juga hilang," katanya. 

3. Perbuatan Amien Rais bukan tanggung jawab UGM‎

Perbuatan Amien Rais Bukan Tanggung Jawab UGM Humas UGM

Sementara Rektor UGM, Panut Mulyono menyatakan apa yang dilakukan oleh Amien Rais selaku anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, tidak lagi berhubungan dengan ikatan struktural di UGM.

"Apa yang dilakukan beliau bukan tanggung jawab UGM, tentu menjadi tanggung jawab pribadi beliau," katanya.‎

Baca Juga: Ratusan Orang Lakukan Sholat Ghoib Untuk Korban Aksi 22 Mei 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya