Penuh Kesederhanaan, Gereja Ganjuran Bantul Gelar 3 Kali Misa Natal

Diperkirakan lebih dari 4 ribu datang saat misa natal 

Bantul, IDN Times -Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran, Kabupaten Bantul siap menggelar perayaan Natal. Misa Natal di Gereja Ganjuran akan digelar pada Selasa petang (24/12) dan Rabu (25/12). 

Baca Juga: Uskup Agung dan Sri Sultan HB X, Sampaikan Pesan Natal 

1. Ribuan umat Katolik akan hadiri misa natal

Penuh Kesederhanaan, Gereja Ganjuran Bantul Gelar 3 Kali Misa NatalKandang domba tempat kelahiran Yesus. IDN Times/Daruwaskita

Dari pantauan di lapangan sebuah tenda cukup besar berdiri di halaman depan gereja HKTY Ganjuran yang mampu menampung ribuan umat katolik yang akan melaksanakan misa Natal.

Di dalam gereja tepat di samping timur altar sebuah kandang kambing beserta patung rohani Natal seperti patung Maria dan Yusuf serta bayi Yesus, para raja, penggembala dengan domba-dombanya sudah terpasang. Di sisi timur terdapat pohon Natal.

2. Misa Natal akan digelar sebanyak 3 kali‎

Penuh Kesederhanaan, Gereja Ganjuran Bantul Gelar 3 Kali Misa NatalIlustrasi misa Natal anak-anak di Gereja HKTY Ganjuran. IDN Times/Daruwaskita

Ketua Dewan Paroki Gereja HKTY Ganjuran, Ari Setiawan mengatakan perayaan misa Natal di Gereja HKTY Ganjuran akan berlangsung sebanyak 3 kali. Pada Selasa (24/12) pada pukul 17.00 WIB akan dipimpin oleh Romo Eko dengan menggunakan iringan gamelan serta lagu Jawa. Kemudian misa Natal ke 2 pada pukul 21.00 WIB yang akan dipimpin oleh Romo Krisna dengan menggunakan bahasa Indonesia.

"Misa Natal pada pukul 17.00 WIB melibatkan petugas dari calon penerima sakramen krisma yakini krismawan dan krismawati. Semua petugas menggunakan pakaian adat Jawa," katanya, Senin (23/12).

Misa Natal ke 3 yakni pada Rabu (25/12) pukul 08.00 WIB yang merupakan misa Natal anak-anak. Nuansa gembira akan terasa saat misa Natal anak dan akan diakhiri dengan pesta bersama anak-anak.

"Sedangkan di 6 gereja stasi yang masih menjadi wilayah Gereja HKTY Ganjuran juga akan digelar misa Natal serentak pada Selasa (24/12) pada pukul 19.00 WIB. Khusus untuk Kapel Kretek akan berlangsung misa anak-anak pada Rabu pagi (25/12) pukul 07.30 WIB," ungkapnya.

3. Misa Natal pertama diperkirakan dihadiri 4.000 umat katolik‎

Penuh Kesederhanaan, Gereja Ganjuran Bantul Gelar 3 Kali Misa NatalIlustrasi Gereja HKTY Ganjuran. IDN Times/Daruwaskita

Berdasarkan pengalaman pelaksanaan misa Natal satu tahun sebelumnya diperkirakan umat Katolik yang akan mengikuti misa pada Selasa (24/12) pukul 17.00 WIB sekitar 4.000 umat. Sedangkan misa Natal pukul 21.00 WIB dan misa Natal anak-anak pada Rabu pagi (25/12) pukul 08.00 WIB akan diikuti sekitar 2.500 umat.

"Untuk pengamanan misa Natal setiap misa Natal akan diterjunkan tak kurang 70 personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub hingga ormas seperti Banser. Untuk ormas Banser akan diperkuat 15 personel di setiap pelaksanaan misa Natal," ujarnya.

4. Tema Natal 2019 "Jadikan Semua Orang Sebagai Sahabat"‎

Penuh Kesederhanaan, Gereja Ganjuran Bantul Gelar 3 Kali Misa NatalTempat ziarah Candi HKTY Ganjuran. IDN Times/Daruwaskita

Alumnus SDK Ganjuran ini menyatakan Natal tahun 2019 mengambil tema "Jadikan Semua Orang Sebagai Sahabat," Pelaksanaan misa Natal di Geraja HKTY Ganjuran serta 6 gereja stasi akan berlangsung dengan nuansa kesederhanaan.

"Kita merayakan kelahiran Yesus Kristus dengan nuansa kesederhanaan," katanya.

Menjelang perayaan Natal hingga libur tahun baru para peziarah justru akan ramai. Apalagi banyak keluarga katolik yang bekerja di luar kota pulang untuk merayakan Natal di kampung halamannya.

"Jadi yang ramai tidak hanya saat misa Natal saja namun saat libur Nataru ini jumlah peziarah di Candi Hati Kudus Tuhan Yesus juga banyak," ujarnya.‎

Baca Juga: Keamanan Natal dan Tahun Baru, Densus Petakan Wilayah di Yogyakarta 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya