Pendaftar Pemilih Tambahan di Bantul Ingin Nyoblos di TPS Dekat Obwis

Ada 6.200 daftar pemilih tambahan di Bantul

Bantul, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul mencatat jumlah pendaftaran Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) Pemilu 2024 hingga hari ini, Senin (15/1/2023) pukul 12.00 WIB, mencapai 6.200 DPTB. 

1. Pendaftar tambahan didominasi oleh mahasiswa

Pendaftar Pemilih Tambahan di Bantul Ingin Nyoblos di TPS Dekat ObwisMahasiswa dan dosen UMY peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia.(Dok.Humas UMY)

Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Arya Syailendra mengatakan, 6.200 pendaftaran DPTB yang dibuka oleh KPU Bantul di 12 titik posko pendaftaran, sebagian besar adalah mahasiswa sejumlah kampus yang berada di wilayah Bantul. 

"Paling banyak pendaftar DPTB adalah dari kalangan mahasiswa," ujarnya, Senin (15/1/2024).

2. Minta memilih di TPS dekat objek wisata

Pendaftar Pemilih Tambahan di Bantul Ingin Nyoblos di TPS Dekat ObwisSehari jelang Ramadan, ribuan wisatawan serbu Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya, para pendaftar akan menggunakan hak pilih di TPS terdekat dari domisili. Mahasiswa juga memilih TPS yang dekat dengan objek wisata. "Banyak yang minta menggunakan hak pilih di TPS yang tak jauh tempat wisata. Sekalian wisata," ucapnya.

Baca Juga: Seluruh Logistik Surat Suara Terkirim ke KPU Bantul

3. Menggunakan hak pilih dengan surat suara cadangan

Pendaftar Pemilih Tambahan di Bantul Ingin Nyoblos di TPS Dekat ObwisIlustrasi surat suara.(IDN Times/Daruwaskita)

Pendaftar tambahan akan menggunakan hak pilih dengan surat suara cadangan dua persen atau sebanyak 15.840 surat suara. Selain untuk pemilih tambahan, surat suara cadangan juga untuk mengganti surat suara yang rusak.

"Ya semoga saja dua persen surat suara cadangan bisa untuk memenuhi kebutuhan surat suara untuk DPTB, PTPS, DPK hingga surat suara rusak di TPS," terangnya.

Baca Juga: Proses Sortir Surat Suara Dimulai, KPU DIY Belum Terima Data Kerusakan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya