PAD Sektor Pariwisata Bantul di Januari Tembus Rp1,9 Miliar

Pantai Parangtritis penyumbang PAD terbanyak

Bantul, IDN Times - Dalam laporan terbaru, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul mengungkap bahwa selama bulan Januari 2024, pendapatan asli daerah (PAD) dari tiket retribusi masuk ke objek wisata mencapai Rp1,9 miliar. Jumlah pengunjung yang turut berwisata juga mencapai 199.352 orang.

1. Pantai Parangtritis paling banyak dikunjungi wisatawan

PAD Sektor Pariwisata Bantul di Januari Tembus Rp1,9 MiliarKasi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi. (IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, menjelaskan bahwa Pantai Parangtritis tetap menjadi penyumbang jumlah wisatawan terbanyak di Bumi Projotamansari selama bulan Januari 2024. Total wisatawan yang mengunjungi Pantai Parangtritis mencapai 171.563 orang. Sementara itu, pantai di wilayah barat Bantul dikunjungi 26.442 orang, Goa Selarong 1.185 orang, dan Goa Ceremai 162 orang.

"Pantai Parangtritis-Pantai Depok selama ini jadi penyumbang terbanyak PAD dari sektor pariwisata," ucapnya, Selasa (6/2/2024).

2. Bulan Januari 2024 diperkirakan 500 ribu wisatawan kunjungi Bantul

PAD Sektor Pariwisata Bantul di Januari Tembus Rp1,9 MiliarKunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Pria yang akrab disapa Ipung ini memperkirakan ada lebih dari 171 ribu wisatawan mengunjungi Bantul pada bulan Januari 2024. Sebab, banyak objek wisata yang tidak dikelola langsung oleh Pemerintah Kabupaten Bantul tetap ramai dikunjungi para wisatawan.

"Jadi mungkin dalam satu bulan di Januari 2024 kemarin lebih dari 500 ribu wisatawan berkunjung ke Bantul," terangnya.

Baca Juga: Marak Kejahatan Ganjal Kartu ATM, Ini Tips dari Polres Bantul

3. Labuhan Keraton Yogyakarta digelar akhir pekan ini

PAD Sektor Pariwisata Bantul di Januari Tembus Rp1,9 MiliarUba rampe didoakan juru kunci Cepuri sebelum dilabuh ke laut. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, dalam rangka libur panjang akhir pekan ini, Dinas Pariwisata Bantul tidak menyelenggarakan acara khusus untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Meskipun demikian, pada hari Minggu (11/2/2024), acara Labuhan Keraton Yogyakarta tetap akan dilaksanakan. Acara ini merupakan tradisi yang diselenggarakan setiap tanggal 30 Rejeb, dan pada tahun ini jatuh pada hari Minggu.

"Labuhan diawali dari Kantor Kapanewon Kretek dan dilanjutkan labuhan di Pantai Parangkusumo. Acara akan dimulai pukul 07.30 WIB hingga selesai," terangnya. 

Baca Juga: 4 Macam Labuhan Keraton Jogja, Digelar di Pantai sampai Gunung

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya