Nostalgia di Pasar Lawas Mataram Bantul, Banyak Makanan Tradisional

Berharap tidak melupakan makanan tradisional 

Bantul, IDN Times - Warga Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul menggelar acara jajanan tradisional di halaman Masjid Mataram Kota Gede, Minggu (3/11). 

Bertajuk Pasar Lawas Mataram, berbagai makanan tradisional seperti apem beras, kipo, clorot hingga sate kere dijajakan oleh masyarakat. Bahkan untuk menarik pembeli para penjual mengolah secara langsung makanan tradisional langsung di tempat. 

Baca Juga: Menteri Kesehatan Ajak Masyarakat Kembangkan Industri Obat Tradisional

1. Ingin hadirkan makanan tradisional yang makin sulit ditemukan

Nostalgia di Pasar Lawas Mataram Bantul, Banyak Makanan TradisionalKetua panitia Pasar Lawas Mataram Sabariyadi. IDN Times/Daruwaskita

Panitia Pasar Lawas Mataram, Sabariyadi mengatakan penyelenggara Pasar Lawas Mataram sengaja digelar karena saat ini untuk menemukan jajanan tradisional sangat sulit, warga juga ingin mengangkat kembali keberadaan jajanan tradisional.

"Saat ini sangat sulit menemukan jajanan tradisional yang sering kita konsumsi saat kecil sehingga ingin kita angkat lagi melalui Pasar Lawas Mataram," katanya.

2. Pasar Lawas Mataram untuk bernostalgia dan kenalkan makanan tradisional kepada generasi millennial‎

Nostalgia di Pasar Lawas Mataram Bantul, Banyak Makanan TradisionalPedagang Pasar Lawas Mataraman jual mainan tradisional. IDN Times/Daruwaskita

Warga Desa Jagalan sendiri banyak yang berprofesi sebagai penjual makanan tradisional sehingga acara jajanan lawas kembali dihadirkan dapat menghadirkan nostalgia bagi masyarakat.

Kebaradaan Pasar Lawas Mataram juga memberi dampak positif pada perekonomian masyarakat. Selain itu juga mengenalkan jajanan tradisional kepada generasi millennial.

"Pasar Lawas Mataram tahun ini stand penjual makanan tradisional lebih banyak bahkan ada juga yang menjual mainan tradisional. Ada 30 stand yang buat dan semua penjual berasal dari desa jagalan. Jangan sampai generasi millennial hanya mengenal makanna nodern dan insan," ucapnya.

3. Pasar Lawas Mataram ajang nostalgia makanan saat masa kecil‎

Nostalgia di Pasar Lawas Mataram Bantul, Banyak Makanan TradisionalPedagang di Pasar Lawas Mataram jajakan makanan dan permainan tradisional. IDN Times/Daruwaskita

Salah satu pengunjung Pasar Lawas Mataram, Aldriya mengatakan tertarik dengan berbagai makanan tradisional dan ingin kembali mencicipi makanan tradisional yang kini makin sulit ditemukan terutama di wilayah perkotaan.

"Ya ini unik karena yang dijual adalah makanan saat saya masih kecil, jadi bisa bernostalgia," tuturnya.‎

Baca Juga: 10 Jajanan Tradisional Enak Berbahan Dasar Pisang Khas Indonesia 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya