Comscore Tracker

Mobil Avanza Tabrak Pohon di Jalan Parangtritis, 1 Orang Tewas

Mobil masuk parit dan ringsek

Bantul, IDN Times - Sebuah ‎kecelakaan tunggal menimpa mobil Toyota Avanza bernopol AB 1519 BW di Jalan Parangtritis KM 15, tepatnya di Dusun Patalan, Kecamatan Jetias Kabupaten Bantul pada Kamis (1/10/2020) dini hari.

Mobil berpenumpang lima orang tersebut menabrak pohon yang berada di tepi jalan, kemudian terpental masuk ke parit. Akibatnya, bodi mobil mengalami ringsek.

Empat orang yang terjebak dalam mobil berhasil dievakuasi dengan selamat sementara satu orang dinyatakan meninggal dunia ditempat.

Baca Juga: Rumah Kontrakan Digeledah Densus 88, W Dikenal Mudah Bergaul

1. Sopir hilang kendali di tikungan tajam ‎

Mobil Avanza Tabrak Pohon di Jalan Parangtritis, 1 Orang TewasBasarnas evakuasi sopir yang terjepit bodi mobil dalam laka maut di Jalan Parangtritis. IDN Times/Istimewa

Kanit Laka Polres Bantul, Iptu Maryono menjelaskan peristiwa nahas tersebut berawal ketika mobil Avanza yang ditumpangi lima orang melaju kencang dari arah Selatan menuju Utara. Di lokasi kejadian dengan jalan yang menikung tajam, sang sopir hilang kendali sehingga mobil oleng dan lepas kendali.

"Mobil kemudian menabrak pohon yang berada disisi kanan jalan (timur jalan), hingga terpental kemudian menabrak pagar dan terus rumah warga. Karena kecepatan tinggi mobil kemudian masuk dalam parit," katanya.

2. Seorang penumpang tewas dan empat lainnya mengalami luka berat dan ringan‎

Mobil Avanza Tabrak Pohon di Jalan Parangtritis, 1 Orang TewasIlustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Kerasnya benturan menyebabkan bodi mobil ringsek dan penumpang terjebak di dalam mobil. Pengemudi mobil, Ayub Charisma Putra (23), warga Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, terjepit di dalam mobil dan mengalami patah kaki kiri, dan hidung memar. Ia dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah Bantul setelah berhasil dievakuasi.

Sedangkan penumpang yang duduk di jok kiri depan, Rossa Efendi (20), warga Logandeng, Kabupaten Gunungkidul mengalami luka ciderat berat di bagian kepala dan dinyatakan meninggal dunia. Jenazah dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Bantul.

Sementara penumpang lain yang berada di jok bagian tengah yakni Adisia Yudhis Tiandu Yulois Putra (17), warga Wonosari, Kabupaten Gunungkidul mengalami luka patah tulang pada bagian tangan kiri dan patah tulang kaki kanan. Penumpang lainnya Tiara Shaummi Nur Maharani (16) warga Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul dan Suryandu Jamas Sakti (20) warga Wonosari, Kabupaten Gunungkidul mengalami luka cidera kepala ringan.

"Keempatnya dilarikan di RSUD Panembahan Senopati untuk diberikan perawatan medis," terangnya.

3. Basarnas turut melakukan evakuasi sopir yang terjepit bodi mobil‎

Mobil Avanza Tabrak Pohon di Jalan Parangtritis, 1 Orang TewasBasarnas evakuasi sopir yang terjepit bodi mobil dalam laka maut di Jalan Parangtritis. IDN Times/Istimewa

Evakuasi korban yang terjepit dalam bodi mobil melibatkan personel Basarnas yang menggunakan peralatan lengkap.

Humas Kantor Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto, mengatakan mereka membutuhkan waktu hingga lebih dari 30 menit untuk mengevakuasi sopir yang terjepit dalam bodi mobil.

"Pengemudi berhasil dievakuasi dengan selamat dan dilarikan ke rumah sakit," katanya.‎

Baca Juga: Wisatawan yang Hilang di Pantai Parangtritis Ditemukan Meninggal

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya