Misa Natal di Gereja Ganjuran, Jemaat Harus Bawa Hasil Rapid Test     

Jumlah jadwal misa di Gereja Ganjuran ditambah 

Bantul, IDN Times - Menyambut Natal di Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran, jumlah jadwal misa akan ditambah pada tanggal 24 dan 25 Desember 2020.  Ketua Dewan Paroki Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY), Ganjuran Ari Setiawan menyatakan meski menambah jadwal misa, panitia memberlakukan kebijakan terkait penerapan protokol kesehatan dan aturan bagi jemaat yang berasal dari luar kota. Berikut beberapa kebijakan untuk mengikuti misa Natal di Gereja Ganjuran

1. Umat dari luar kota harus membawa hasil rapid tes atau uji swab

Misa Natal di Gereja Ganjuran, Jemaat Harus Bawa Hasil Rapid Test     Rapid tes pekerja media di LKBN Antara (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Bagi warga yang berasal dari luar kota, Ari menyampaikan warga harus melakukan rapid atau swab test yang dilakukan pada tanggal 17 hingga 24 Desember 2020.

"Di luar tanggal tersebut, diharuskan kembali mengikuti harus rapid tes atau uji swab lagi.Kemudian bagi umat juga harus membawa peralatan untuk menunjung prokes mulai dari membawa masker, face shield dan hand sanitizer dan tetap menjaga jarak," tuturnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (16/12/2020).
 

 

Baca Juga: Natal dan Tahun Baru 2020, Umat Katolik Diimbau Tidak Mudik  

2. Cegah kerumunan jumlah umat dibatasi

Misa Natal di Gereja Ganjuran, Jemaat Harus Bawa Hasil Rapid Test     Gereja HKTY Ganjuran Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Saat misa Natal, gereja akan membatasi jumlah jemaat 50 persen dari kapasitas Gereja Ganjuran. "Kapasitas Gereja HKTY Ganjuran mampu menampung 1.200 jemaat sehingga saat misa Natal berlangsung hanya diikuti sekitar 600 jemaat atau umat," papar Ari. 

"Sebenarnya jika didirikan tenda dan memanfaatkan joglo di sekitar gereja mampu menampung di atas 10 ribu umat, namun itu tidak kita lakukan karena masih dalam masa pandemik," tambahnya.

 

3. Jadwal misa Natal ditambah menjadi tujuh kali

Misa Natal di Gereja Ganjuran, Jemaat Harus Bawa Hasil Rapid Test     Jadwal misa Natal Gereja HKTY Ganjuran Bantul.IDN Times/Istimewa

Untuk menjaga kenyamanan saat misa, panitia Natal menambah jadwal misa dari biasanya empat kali menjadi tujuh kali. 

"Misa Natal pada hari Kamis (24/12/2020) akan dilaksanakan sebanyak tiga kali dan misa Natal pada Jumat (25/12/2020) akan dilaksanakan empat kali," ujarnya.

 

Baca Juga: Dirayakan dengan Meriah, 10 Tradisi Natal Paling Unik di Dunia

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya