Libur Lebaran, Sehari Sampah di Pantai Parangtritis Capai 3,6 Ton

Lebaran, Pantai Parangtritis dikunjungi 75.843 wisatawan

Bantul, IDN Times - Peningkatan volume sampah di Pantai Parangtritis terjadi selama libur Lebaran. Koordinator Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Pantai Parangtritis, Suranto mengatakan, tiap hari pihaknya mengerahkan hingga 12 kendaraan sampah yang mampu mengakut masing-masing 3 kuintal. 

1. Sampah meningkat 0,6 ton per hari

Libur Lebaran, Sehari Sampah di Pantai Parangtritis Capai 3,6 Tonilustrasi sampah plastik di pantai (www.pexels.com/Lucien Wanda)

Suranto mengatakan, pada hari biasa pembuangan sampah maksimal 2,7 ton. "Pada hari biasa atau libur akhir pekan, produksi sampah dari wisatawan sekitar 2,4 ton hingga 2,7 ton. Hanya butuh 8-9 gerobak sampah untuk mengangkutnya," katanya, Senin (15/5/2024).

2. Kesadaran membuang sampah pada tempatnya belum terbangun

Libur Lebaran, Sehari Sampah di Pantai Parangtritis Capai 3,6 TonIlustrasi wisatawan di Pantai Parangtritis.pinterest

Peningkatan sampah terjadi lantaran wisatawan yang membawa bungkus makanan dan minuman, meninggalkan di lokasi wisata. "Saya kira kesadaran membuang sampah oleh wisatawan belum sepenuhnya terbangun, meski ada juga wisatawan yang menyimpan sampah, kemudian dibuang ketika menemukan tempat pembuatan sampah," ungkapnya.

Sutanto memperkirakan jumlah sampah akan menurun seiring berakhirnya libur Lebaran. "Produksi sampah untuk hari ini masih banyak, namun akan turun pada hari Kamis, seiring berakhirnya libur Lebaran untuk ASN," tuturnya.

Baca Juga: Angka Kunjungan Wisatawan ke Bantul saat Lebaran Turun 

3. Selama 4 hari Parangtritis dikunjungi 75.843 wisatawan

Libur Lebaran, Sehari Sampah di Pantai Parangtritis Capai 3,6 TonTPR Induk Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, Sub Koordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan, tanggal 10-14 April 2024, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bantul mencapai 102.928 wisatawan.

"75.843 orang tercatat mengunjungi Pantai Parangtritis, sedangkan 26.249 orang mengunjungi obyek wisata di wilayah Barat," katanya.

Kunjungan 102.928 wisawatan, mampu menghasilkan pendapatan Kabupaten Bantul sekitar Rp978.904.500. 

Baca Juga: Okupansi Hotel di Jogja Selama Libur Lebaran Tidak Sesuai Target

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya