Libur Lebaran, Hotel di Pantai Parangtritis Raup Cuan

Lama tinggal wisatawan paling lama satu hari

Intinya Sih...

  • Libur Lebaran meningkatkan hunian hotel di Kawasan Pantai Parangtritis, Bantul.
  • Pemilik hotel menaikkan tarif kamar hingga 60%, namun rata-rata tamu hanya menginap satu hari.
  • Tingkat hunian hotel mencapai lebih dari 80%, namun masa tinggal wisatawan paling lama hanya satu hari.

Bantul, IDN Times - Libur Lebaran tak hanya menambah pendapatan asli daerah (PAD) dari tiket masuk objek wisata. Momen ini turut menyumbangkan cuan bagi pemilik hotel atau losmen yang ada di Kawasan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul.

1. Hotel mulai ramai tamu pada H+1 Lebaran

Libur Lebaran, Hotel di Pantai Parangtritis Raup CuanSalah satu pemilik hotel di Kawasan Pantai Parangtritis, Roni. (IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu pemilik hotel di Kawasan Pantai Parangtritis, Roni, mengaku selama libur Lebaran ini, dari 16 belas kamar yang dimiliki, hampir 80 persennya terisi oleh tamu.

"Mulai banyak tamu menginap pada H+1 Lebaran yang lalu. Kalau pas puasa ya jelas paceklik rejeki," ucapnya, Sabtu (13/5/2024).

2. Tarif sewa kamar naik selama libur Lebaran

Libur Lebaran, Hotel di Pantai Parangtritis Raup CuanSalah satu penginapan di kawasan Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Roni mengaku selama libur Lebaran ini dirinya menaikkan tarif kamar hotel. Kendati kenaikan paling tinggi di kisaran 60 persen dibandingkan tarif kamar pada hari biasa.

"Kamar paling murah diharga Rp150 ribu dan paling mahal Rp400 ribu," ujarnya.

Meski kamar hotel diburu wisatawan, tetapi lama tinggal wisatawan tidak sampai dua hari meski yang menginap rombongan keluarga.

"Ya sayangnya masa tinggal wisatawan untuk menginap di hotel masih pendek. Rata-rata hanya satu hari," terang pria yang sehari-hari bertugas di TPR Induk Pantai Parangtritis ini.

Baca Juga: Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Beroperasi untuk Arus Balik

3. Lama tinggal wisatawan hanya sehari

Libur Lebaran, Hotel di Pantai Parangtritis Raup CuanSalah satu hotel di kawasan Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, pemilik Hotel Widodo yang juga berlokasi di Kawasan Pantai Parangtritis, Ali Sutanto Joko Saputra, mengaku sejak H+2 Lebaran tingkat hunian hotel sudah mencapai lebih dari 80 persen bahkan ada yang sampai 100 persen.

"Tapi sayangnya masa lama tinggal wisatawan paling lama hanya satu hari bahkan ada yang menginap malam pulangnya pagi," tuturnya.

"Ya yang jelas hampir seluruh penginapan dari losmen hingga hotel tingkat hunian di atas 80 persen. Tapi harga sewa kamar juga naik namun masih wajar," tambahnya lagi.

Baca Juga: 22.770 Wisatawan Kunjungi Tempat Wisata di Bantul

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya