Libur Lebaran, Disdukcapil Bantul Tetap Buka Layani Pemudik

Pemkab Bantul mengejar target aktivasi IKD 

Bantul, IDN Times - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten memastikan pelayanan administrasi kependudukan selama libur dan cuti Lebaran 2024 tetap buka. Hal ini diharapkan bisa dimanfaatkan pemudik saat pulang kampung untuk mengurus administrasi kependudukan.

1. Memudahkan warga yang berada di luar kota saat mudik

Libur Lebaran, Disdukcapil Bantul Tetap Buka Layani PemudikKepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Disdukcapil, Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo memastikan selama libur dan cuti Lebaran, pihaknya akan memberikan pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Disdukcapil Kabupaten Bantul.

"Langkah ini kita lakukan agar masyarakat yang hendak mudik atau keluar kota, bisa terlayani saat mengurus administrasi kependudukan," katanya, Kamis (4/4/2024).

2. Jadwal Pelayanan adminduk di Kantor Disdukcapil Bantul

Libur Lebaran, Disdukcapil Bantul Tetap Buka Layani PemudikPelayanan aktivasi IKD di Kantor Disdukcapil Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Layanan administrasi kependudukan akan diberikan kepada masyarakat tanggal 6, 8 dan 14 April 2024, mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB, di Kantor Disdukcapil Bantul.

Sementara untuk tanggal merah dan Lebaran yakni 9-12 April 2024, layanan kependudukan diliburkan. Selain itu, semua layanan kependudukan seperti perekaman e-KTP di 17 kantor kapanewon akan tutup.

“Nanti pelayanan hanya dilakukan di Kantor Disdukcapil saja. Sementara layanan di Kantor Kapanewon tutup," ungkapnya.

Baca Juga: Mulai 1 Mei 2024, Tarif Tiket Retribusi Tempat Wisata di Bantul Naik

Baca Juga: Libur Lebaran 17 Puskesmas di Bantul Tetap Buka

3. Mengejar target aktivasi IKD

Libur Lebaran, Disdukcapil Bantul Tetap Buka Layani PemudikIlustrasi layanan jemput bola Disdukcapil. (Dok. Istimewa)

Kwintarto mengaku sampai saat ini pihaknya masih mengejar capaian aktivasi Indentitas Kependudukan Digital (IKD), yang baru mencapai empat persen dari target pemerintah 30 persen pada akhir 2024.

"Saat ini aktivasi IKD di Bantul, baru mencapai empat persen, harapan kita di akhir tahun 2024 bisa mencapai 30 persen sesuai target pemerintah pusat," tuturnya.

Baca Juga: Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Hemat Perjalanan Mudik 25 Menit

Baca Juga: Pemkab Gunungkidul Keluarkan Edaran Lebaran Tanpa Sampah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya