Laka Laut di Pantai Sadeng 1 Nelayan Meninggal Dunia

Perahu dihantam ombak saat menebar jaring lobster

Gunungkidul, IDN Times - Sebanyak dua nelayan tenggelam dan hilang di Pantai Sadeng saat memasang jaring lobster, Rabu (5/6/2024). Selang satu hari, tim SAR menemukan seorang di antaranya meninggal.

Korban yang ditemukan meninggal dunia adalah Tatak Prayogo (27), sedangkan korban lainnya Agung Widodo (44) masih dalam pencarian. 

1. Tim SAR melihat benda mencurigakan mengapung

Laka Laut di Pantai Sadeng 1 Nelayan Meninggal DuniaIlustrasi jenazah mengapung di laut. (Dokumen SAR Bekasi)

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi I Pantai Wediombo, Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan penemuan jenazah berawal saat Tim SAR menemukan benda mencurigakan mengapung di sebelah jaring. 

"Setelah didekati ternyata benda mencurigakan tersebut adalah salah satu korban, bernama Tatak Prayogo," ujarnya, Kamis (6/6/2024).

2. Jenazah dievakuasi ke Dermaga Pantai Sadeng

Laka Laut di Pantai Sadeng 1 Nelayan Meninggal DuniaEvakuasi jenazah nelayan ke Dermaga Pantai Sadeng Gunungkidul.(Dok.Istimewa)

Selanjutnya Tim SAR Gabungan mengevakuasi jenazah dan dibawa ke Dermaga Pantai Sadeng. Setelah dilakukan identifikasi oleh petugas kepolisian, jenazah dikirim ke rumah duka dan diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan. "Saat ini Tim SAR masih mencari satu korban lain yang belum ditemukan," terangnya.

Baca Juga: Polda DIY Tangkap Pelaku Klitih, Tancapkan Celurit ke Tubuh Ojol

3. Kronologi laka laut

Laka Laut di Pantai Sadeng 1 Nelayan Meninggal DuniaEvakuasi jenazah nelayan di Dermaga Pantai Sadeng Gunungkidul.(Dok.Istimewa)

Sebelumnya, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi I Pantai Wediombo, Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan laka laut menimpa dua nelayan yang sedang mencari lobster. Kedua korban yakni Agung Widodo (44) warga Sumberagung, Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah;l dan Tatak Prayogo (27) warga Wonotoro, Pucung, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.

Peristiwa bermula saat keduanya berangkat dari Pelabuhan Sadeng untuk memasang jaring lobster sekitar. Hingga tiga jam lamanya, keduanya belum kembali ke Pelabuhan Sadeng.

Salah seorang anggota Satlinmas Anang Listianto berinisiatif mencari keduanya menggunakan perahu jukung.

Baca Juga: Warga Jagalan Tolak TPS3R Karangmiri, Ini Respons Pemkab Bantul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya