Comscore Tracker

Lagi, Perahu Nelayan Di Pantai Selatan Terbalik Diterjang Gelombang

Dalam 1 minggu ada 2 kejadian perahu terbalik

Bantul, IDN Times - Tingginya gelombang Laut Selatan, Bantul kembali mengakibatkan sebuah perahu nelayan terbalik.

Perahu jukung milik nelayan terbalik dihantam gelombang pada Sabtu (7/12), saat berangkat melaut, beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Baca Juga: Laut Indonesia Luas, Tapi Kenapa Nelayan Masih Tetap Miskin?

1. Perahu nelayan terbalik saat akan berangkat melaut‎

Lagi, Perahu Nelayan Di Pantai Selatan Terbalik Diterjang GelombangPerahu nelayan terbalik dihantam gelombang pasang di Pantai Baru.IDN Times/Istimewa

Sekretaris Tim Sar Wilayah IV, Pantai Baru, Nugroho mengatakan peristiwa nahas yang menimpa perahu Palwa Guna yang dinahkodai oleh Depi (27) dan anak buah kapal (ABK) Febru (27) yang hendak berangkat melaut dari bibir pantai.

"Saat perahu sudah berada di laut tak jauh dari pantai tiba-tiba gelombang pasang datang dan langsung menerjang kapal dan langsung terbalik," katanya.

2. Nahkoda dan ABK berhasil diselamatkan‎

Lagi, Perahu Nelayan Di Pantai Selatan Terbalik Diterjang GelombangIlustrasi evakuasi perahu di bibir pantai. IDN Times/Humas Basarnas Yogya

Melihat adanya kejadian perahu terbalik, para tukang dorong perahu dan anggota SAR langsung memberikan pertolongan. Nakhoda dan awak kapal berhasil diselamatkan dan langsung dievakuasi.

"Perahu berhasil ditarik ke daratan namun katir perahu patah," ujarnya.

3. Pada tanggal 3 Desember 2019, perahu nelayan juga terbalik dihantam gelombang‎

Lagi, Perahu Nelayan Di Pantai Selatan Terbalik Diterjang GelombangPerahu nelayan di Pantai Baru terbalik diterjang gelombang. IDN Times/Istimewa

Nugroho mengatakan peristiwa perahu nelayan terbalik dalam kurun waktu minggu terakhir terjadi 2 kali. Pertama, perahu nelayan yang baru melaut mendadak mengalami mesin mati sehingga perahu diterjang gelombang dan terbalik pada tanggal 3 Desember 2019 yang lalu.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, nakhoda dan awak kapal berhasil diselamatkan meski alat tangkap hilang dan katir pada perahu patah.

"Kejadian perahu terbalik awal bulan Desember juga tidak ada korban," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Hal tentang Cantrang Nelayan yang Penggunaanya Dilarang Menteri Susi

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya