KPU Bantul Targetkan Sortir dan Lipat Surat Suara Selesai 24 Januari

Bawaslu Bantul awasi proses sortir dan lipat surat suara

Bantul, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul menargetkan proses melipat dan sortir surat suara selesai pada 22 Januaria 2024.  Sementara itu, KPU Bantul saat ini masih menunggu pengiriman surat suara DPR RI dari percetakan yang berada di Sukoharjo, Jawa Tengah.

1. Disabilitas dilibatkan dalam sortir dan lipat suara

KPU Bantul Targetkan Sortir dan Lipat Surat Suara Selesai 24 JanuariKetua KPU Bantul Joko Santosa.(Dok Polres Bantul)

Ketua KPU Kabupaten Bantul, Joko Santosa mengatakan dalam proses lipat dan sortir surat suara melibatkan puluhan orang termasuk disabilitas di Bumi Projotamansari. 

Surat suara yang rusak setelah dilakukan penyotiran telah dilaporkan ke KPU DIY. "KPU DIY akan mengumumkan jumlah surat suara yang rusak. Berapa nanti jumlah surat suara yang rusak serta proses penggantian surat suara yang rusak akan disampaikan keterangan oleh KPU DIY," terangnya, Kamis (11/1/2023). 

2. Jemput surat suara DPR RI langsung ke percetakan

KPU Bantul Targetkan Sortir dan Lipat Surat Suara Selesai 24 JanuariDistribusi surat suara pilpres ke gudang KPU Bantul.(Dok.Polres Bantul)

Joko menambahkan kekurangan surat suara DPR RI sebanyak 858.449 yang belum dikirimkan, maka pihaknya akan menjemput di percetakan untuk memastikan surat suara dalam kondisi baik dan sesuai kebutuhan.

"Sabtu pekan ini akan kita melakukan penjemputan surat suara ke percetakan. Kita ingin pastikan surat suara yang kita terima dalam kondisi baik," tuturnya.

Baca Juga: Senyum Tamanan, Wahana Dinosaurus Gratis di Bantul

3. Libatkan Panwascam dalam pengawasan sortir dan lipat suara

KPU Bantul Targetkan Sortir dan Lipat Surat Suara Selesai 24 JanuariKetua Bawaslu Bantul, Didik Joko Nugroho (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Bawaslu Kabupaten Bantul, Didik Joko Nugroho memastikan pihaknya mengawasi proses sortir dan lipat suara di Gudang KPU Bantul, Jalan Parangtritis. Proses sortir dan pelipatan surat suara, adalah salah satu titik rawan.

"Kita libatkan kawan-kawan dari Panwascam untuk melakukan pengawasan saat proses lipat dan sortir surat suara. Harapan kita surat suara dalam kondisi baik ketika sampai di TPS," imbuhnya.

 

Baca Juga: Lagi, Satpol PP Kota Yogyakarta Tertibkan APK Langgar Aturan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya