KPU Bantul Kirim Logistik PSU ke Tiga Kantor Kapanewon

Delapan kapanewon selesai menghitung surat suara

Bantul, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul mulai mendistribusikan logistik untuk pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024 di 5 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di tiga kapanewon. Ketiga kapanewon tersebut adalah Kapanewon Banguntapan, Piyungan dan Kapanewon Kasihan.

1. Pertimbangan logistik PSU dikirim ke kapanewon

KPU Bantul Kirim Logistik PSU ke Tiga Kantor KapanewonIlustrasi pendistribusian logistik pemilu. (IDN Times/Ardiansyah Fajar).

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bantul, Arya Syailendra mengatakan distribusi logistik untuk PSU akan dilaksanakan pada Jumat (23/2/2024) sore hari langsung ke kapanewon.

"Jadi distribusi logistik PSU tidak langsung ke kalurahan-kalurahan namun di kantor kapanewon dengan pertimbangan keamanan. Sebab di kantor kapanewon ada penjagaan selama 24 bersamaan dengan rekap hasil suara pemilu 14 Februari 2024 yang lalu," katanya, Jumat (23/2/2024).

2. Usai pemungutan suara, logistik PSU akan dikirim ke kapanewon

KPU Bantul Kirim Logistik PSU ke Tiga Kantor KapanewonIlustrasi penghitungan suara oleh petugas KPPS. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Setelah logistik pemilu diinapkan satu malam di kantor kapanewon, selanjutnya Sabtu (24/2/2024) logistik pemilu dikirim ke lima TPS yang akan menggelar PSU. "Kalau untuk logistik mulai bilik suara, kotak suara hingga logistik lainnya sudah empat hari yang lalu disiapkan. Jadi memang tinggal mengirim saja logistiknya," tutur Arya.

Setelah proses pemungutan suara selesai maka surat suara dan logistik lainnya tidak akan dikirim ke kalurahan namun akan langsung dikirim ke kantor kapanewon. "Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti jual beli suara," ucapnya.

Baca Juga: KPU Bantul Gelar PSU, Ini Jumlah Suara yang Diperebutkan

3. Delapan kapanewon telah menyelesaikan rekapitulasi surat suara

KPU Bantul Kirim Logistik PSU ke Tiga Kantor KapanewonIlustrasi persiapan rekapitulasi surat suara Pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Terkait proses rekapitulasi di tingkat kapanewon, Arya mengatakan hingga saat ini sudah ada 8 dari 17 kapanewon yang telah menyelesaikan rekapitulasi. Kotak berisi surat suara dikirim ke gudang KPU dan kontainer yang berisi hasil dan D hasil dikirim ke Kantor KPU Bantul.

"Diperkirakan untuk penghitungan suara di tingkat KPU Bantul paling cepat dilakukan tanggal 28/2/2024 yang akan datang," pungkasnya. 
 

Baca Juga: Bakal Gelar PSL, KPU DIY Ungkap Ada Masalah Kerahasiaan   

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya