Jemaah Aolia Gunungkidul Hari Ini Gelar Salat Idul Fitri

Jemaah Aolia ajak untuk menjaga persatuan dan kesatuan

Gunungkidul, IDN Times - Jemaah Aolia menggelar Salat Idul Fitri pada Jumat (5/4/2024) bertempat di rumah imam jemaah Masjid Aolia di Panggang III, Giriharjo, Kapanewon Panggang.

Ratusan jemaah Aolia datang sejak pukul 07.00 WIB, dilanjutkan Salat Idul Fitri dan mendengarkan khotbah Imam Jamaah Masjid Aolia K H Ibnu Hajar Sholeh Pranolo, atau akrab dipanggil Mbah Benu.

1. Ajak Jemaah Aolia menjaga kesatuan dan persatuan

Jemaah Aolia Gunungkidul Hari Ini Gelar Salat Idul FitriJamaah Aolia Gunungkidul gelar salat tarawih perdana.(Dok.Istimewa)

Sementara itu Mbah Benu dalam pesan Idul Fitri, mengajak masyarakat saling rukun, dan menjaga kesatuan serta persatuan serta tidak menyalahkan orang lain. Sejumlah petugas kemanan dari organisasi kemasyarakatan, TNI/Polri juga menjaga keamanan para jemaah saat melakukan Salat Idul Fitri. 

2. Jangan sampai mau diadu domba

Jemaah Aolia Gunungkidul Hari Ini Gelar Salat Idul Fitriilustrasi salat Idul Fitri (pexels.com/Didno Didno)

Mbah Benu juga meminta seluruh jemaah menjaga kerukunan antar sesama manusia. "Baiknya manusia saling menghormati jangan saling membenci, tadi khotbah saya jangan jadi setan, manusia dengan manusia mau diadu. Jangan mau. Hancur Indonesia, kalau saling bermusuhan," ucapnya.

Baca Juga: Jamaah Masjid Aolia Gunungkidul Mulai Menggelar Salat Tarawih

3. Kemenag bakal beri pendampingan

Jemaah Aolia Gunungkidul Hari Ini Gelar Salat Idul FitriSalat Idu Fitri Jemaah Aolia di Gunungkidul. Jumat (5/4/2024) (IDNTimes/Daruwaskita)

Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul Sya'ban Nuroni mengaku sudah mendengar informasi mengenai jemaah Aolia menggelar Salat Idul Fitri. Pihaknya akan memberikan edukasi kepada jemaah untuk memberikan pendampingan dan edukasi, untuk mengikuti organisasi keagamaan pada umumnya atau pemerintah. 

"Kalau ini kan tidak lazim, kalau satu atau dua hari biasa (perbedaan penentuan hari raya), kalau ini kan lima hari tidak lazim," katanya.

 

Baca Juga: Pemkab Gunungkidul Keluarkan Edaran Lebaran Tanpa Sampah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya