Jelang Ramadan Satpol PP Bantul Gencarkan Razia Miras

Ormas diminta tak menutup paksa warung makan

Bantul, IDN Times - Menjelang Ramadan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Bantul menggencarkan pantauan peredaran miras.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Bantul, Jati Bayu Broto mengatakan pantauan peredaran miras menyasar pada lokasi di tempat hiburan kawasan Pantai Selatan Bantul, dan lokasi lainnya yang menjadi tempat jual beli miras.

"Peredaran miras terbanyak di kawasan Pantai Selatan Bantul khususnya, meski sejumlah titik juga kita curigai menjual," katanya, Kamis (7/3/2023).

 

1. Pengawasan peredaran miras diperketat selama Ramadan

Jelang Ramadan Satpol PP Bantul Gencarkan Razia MirasKepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemkab Bantul, Jati Bayu Broto.(kanan).(IDN Times/Daruwaskita)

Selain miras, pihaknya mengimbau warung makan yang buka saat siang hari menggunakan tirai penutup, untuk menghormati umat yang berpuasa. 

"Mungkin warung makan bisa ditutup dengan tirai, pembeli yang makan di tempat tidak tampak dari luar. Intinya kita saling menghormati, ada yang puasa namun juga ada warga yang tidak puasa dan pedagang juga mencari nafkah," ucapnya.

 

 

2. Ormas tak perlu larang penutupan warung

Jelang Ramadan Satpol PP Bantul Gencarkan Razia MirasIlustrasi warung makan. Pixabay.com/Romnshka

Jati Bayu Broto menambahkan ormas tidak perlu turun dan melarang warung makan berjualan saat siang hari. "Kita juga berharap ormas-ormas tidak perlu turun ke jalan dan melakukan penutupan warung yang buka saat siang hari selama bulan Ramadan," ucapnya.

Baca Juga: Harga Beras Turun, Warga Bantul Tetap Buru Beras Bulog

3. Ajak warga bertoleransi selama bulan Ramadan

Jelang Ramadan Satpol PP Bantul Gencarkan Razia MirasIlustrasi Ramadan (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara Ketua Komisi D, DPRD Bantul, Suratman berharap selama Ramadan sikap toleransi sesama umat beragama di Bantul terus dijaga agar bulan suci berjalan lancar, nyaman dan damai. Politisi PDI Perjuangan ini juga berharap Satpol PP dan Polres Bantul dapat menjamin warga yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Pastikan agar Kamtibmas selama Ramadan berjalan dengan aman dan tertib serta tidak ada hal-hal yang bisa mengganggu jalannya ibadah puasa. Termasuk kegiatan balapan liar atau menyalakan petasan selama bulan Ramadan yang perlu diantisipasi," ujar Suratman. 

Baca Juga: 5 Tempat Rental PS di Jogja, Bisa Sewa buat Dibawa Pulang

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya