Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Ini Pesan Haedar Nashir

Jelang Pilkada, KPU dan Bawaslu tak boleh main-main

Bantul, IDN Times - Jelang pengumuman hasil Pemilu 2024, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menyatakan jika terdapat sengketa politik maka penyelesaian perkara dilakukan secara transparan.

"Buka saja seluas-luasnya lewat Mahkamah Konstitusi, dengan catatan Mahkamah Konstitusi dan institusi yang memutus perkara harus transparan," katanya di Kampus UMY, Kamis (14/3/2024) sore.

1. Membangun kembali kepercayaan masyarakat

Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Ini Pesan Haedar Nashirgoogle

Menurutnya saat ini terdapat ketidakpercayaan pada institusi-institusi penyelesaian perkara Pemilu. Saatnya menunjukkan kepada masyarakat untuk membangun kembali kepercayaan. "Saatnya bagi institusi yang tidak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk mengembalikan sistem Pemilu," ucapnya.

2. Perbaiki kekurangan pelaksanaan Pemilu

Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Ini Pesan Haedar NashirIlustrasi pemilih memasukkan surat suara ke kotak suara (pexels.com/Edmond Dantes)

Terkait pilkada yang akan digelar bulan November, Haedar meminta kekurangan yang terjadi dalam Pemilu harus dilakukan perbaikan.

"KPU, dan Bawaslu harus sungguh-sungguh memperbaiki kekurangan. Mereka bekerja atas nama konstitusi dan mandat rakyat, sehingga tidak boleh main-main lagi dan asal-asalan," tandasnya

 

Baca Juga: BMKG Prakirakan Hari Ini DIY Terjadi Hujan Ringan hingga Lebat

3. Pilkada dilakukan November

Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Ini Pesan Haedar NashirIlustrasi TPS (IDN Times/Febriana Sinta)

Saat ini agenda Pemilu 2024 masih berlangsung. KPU masih melakukan proses penghitungan suara.

Sementara pada bulan November mendatang dilakukan pemilihan kepala daerah (pilkada). Tahapan Pilkada 2024 tercantum dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Walikota Tahun 2024

Baca Juga: Sri Sultan HB X Minta Kepala Desa Netral saat Pilkada

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya