Jelang Libur Nataru, Harga Ikan Laut di Pantai Depok Stabil

Pasokan ikan juga didapat dari nelayan

Bantul, IDN Times - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024, sejumlah pemilik rumah makan seafood di Pantai Depok Kabupaten Bantul memastikan tidak akan ada lonjakan harga ikan laut. Kalaupun terjadi kenaikan harga, masih dalam taraf wajar. Sebab saat ini stok ikan untuk wisatawan cukup melimpah dan tidak perlu lagi mendatangkan ikan dari luar daerah.

1. Lonjakan wisatawan diprediksi terjadi saat Natal hingga tahun baru

Jelang Libur Nataru, Harga Ikan Laut di Pantai Depok StabilDardi Nugroho nelayan sekaligus pemilik rumah makan salsabila II Pantai Depok. (IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu pemilik rumah makan seafood Pantai Depok, Dardi Nugroho, mengatakan lonjakan kunjungan wisatawan diperkirakan baru akan terasa sejak libur Natal hingga tahun baru. Sementara, saat ini kunjungan wisatawan saat hari biasa atau akhir pekan masih normal.

"Ya kalau saya prediksi kenaikan kunjungan wisatawan baru akan terjadi saat libur Natal hingga tahun baru meski pada pertengahan bulan Desember ini sebagian sekolah sudah libur," ucapnya, Jumat (8/12/2024).

2. Stok ikan laut melimpah, harga relatif stabil

Jelang Libur Nataru, Harga Ikan Laut di Pantai Depok StabilPedagang ikan di Pasar Ikan Pantai Depok. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Dardi, lonjakan wisatawan tidak akan berdampak pada kenaikan harga ikan laut. Sebab, saat ini Pantai Depok sudah memiliki pengepul ikan besar yang mampu memenuhi kebutuhan rumah-rumah makan.

"Kita tak perlu juga stok ikan sebab tinggal pesan ikan dan langsung dikirim. Kalau dulu kita kan harus stok ikan dulu sebelum libur akhir tahun atau libur Lebaran untuk antisipasi lonjakan permintaan ikan," ungkapnya.

Dardi menjelaskan, harga ikan yang dijual dari pengepul ikan juga relatif stabil. Seperti ikan cakalang Rp25 ribu per kilogram, cumi-cumi Rp90 ribu per kilogram, dan udang Rp100 ribu per kilogram.

"Kalau ada peningkatan permintaan ikan, harga ikan tak akan naik dengan tajam," imbuhnya.

Baca Juga: Ujian Sekolah Picu Penurunan Jumlah Wisatawan di Bantul 

3. Pasokan ikan juga diperoleh dari nelayan

Jelang Libur Nataru, Harga Ikan Laut di Pantai Depok StabilPerahu nelayan Pantai Depok. IDN Times/Daruwaskita

Pemilik rumah makan seafood lainnya, Nunik, mengaku pemilik rumah makan berharap harga tidak naik. Sebab, daya beli wisatawan juga belum pulih sepenuhnya usai COVID-19.

"Harga ikan masih stabil kok, harapan juga tidak naik saat libur Nataru mendatang," ucapnya.

Selain stok pada pengepul ikan cukup melimpah, pasokan ikan juga didapat dari nelayan. Wisatawan bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan.

"Untuk biaya memasak ikan di semua rumah makan seafood masih sama yakni Rp20 ribu per kilogram," pungkasnya. 

Baca Juga: Ada Sendratari Sang Ratu di Pantai Parangkusumo, Catat Tanggalnya

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya